Hanung Bangun Museum Bumi Manusia di Yogyakarta

60
0

Jakarta (14/8) Untuk kalian yang mengaggumi karya Pramoedya Ananta Toer terlebih lagi novelnya yang berjudul Bumi Manusia, mungkin sudah tidak sabar untuk menonton filmnya. Seperti yang kita ketahui, film Bumi Manusia yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini akan mulai tayang di Bioskop pada tanggal 15 Agustus 2019.

Selain diadaptasi ke layar lebar, baru-baru ini di Dusun Wisata Gamplong, Moyudan, Sleman, Yogyakarta baru saja diresmikan Musem Bumi Manusia. Di museum tersebut, para pengunjung bisa melihat secara langsung rumah Nyai Ontosoroh yang ada dalam film yang dibintangi Iqbal itu.

Penggagas Museum Bumi Manusia yakni sutradara Hanung Bramantyo ingin museum ini bisa menjadi monumen peringatan untuk orang-orang yang mencintai karya Pramoedya. Suami dari aktris Zaskia Adya Mecca pun tidak memungut biaya bagi masyarakat yang ingin mengunjungi museum tersebut.

“Menggunakan tempat ini kembali lagi, tidak untuk mengomersilkan hanya untuk kepentingan Bu Astuti. Kita minta izin ke Bu Astuti, karena kita melakukan pembersihan ini pun juga atas saran dari Bu Astuti,” kata Hanung.

Karena tidak dipungut biaya apapun, maka masyarakat harus wajib mematuhi berbagai peraturan yang berlaku di museum Bumi Manusia. Salah satunya adalah para pengunjung tidak diperkenankan naik ke lantai dua museum dengan jumlah lebih dari 10 orang.

“Nantinya hanya dibatasi 10 orang untuk naik ke lantai dua. Waktunya pun hanya 10 menit saja, kemudian turun. Setelah itu pengunjung lain bisa bergiliran naik,” jelas Hanung.

Dengan didirikannya museum Bumi Manusia, Hanung berharap anak-anak generasi saat ini dan akan datang akan mengenal Pramoedya Ananta Toer dan karya-karya sastranya.

[Teks Tim Newsroom & Berbagai Sumber] [Foto Suara.com]