Didi Kempot, The Godfather of Broken Heart, Meninggal Dunia

43
0

Jakarta (05/05) – Duka mendalam tengah menyelimuti industri hiburan Tanah Air. Penyanyi campursari legendaris Didi Kempot meninggal dunia di Rumah Sakit Kasih Ibu pagi ini pukul 07.45 WIB. Ia diketahui menghembuskan nafas terakhir pada usia 53 tahun dikarenakan serangan jantung.

Dilansir dari Kompas.com, kakak kandung Didi Kempot, Lilik mengatakan, sang adik belakangan ini tengah disibukan dengan berbagai kegiatan sehingga mengalami kelelahan.

“Kalau saya prediksi ya begitu mbak, kecapekan,” ungkap Lilik.

Kepergian Didi Kempot sangat mengejutkan. Menurut Lilik, adiknya itu masih beraktivitas seperti biasa sebelumnya.

Jenazah Didi Kempot rencananya dimakamkan di Ngawi, Jawa Timur. Keluarga istri pertama Didi Kempot telah menyiapkan makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Majasem, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Paman dari istri pertama Didi Kempot, Madi mengatakan, Didi Kempot akan dimakamkan di sebelah makam anak pertamanya, Lintang.

“Rencananya akan dimakamkan di samping anak pertamanya, Lintang,” kata Madi di rumah duka, di Kecamatan Kendal, Ngawi, Jawa Timur.

Diketahui, penyanyi julukan The Godfather of Broken Heart itu, tengah menyiapkan konser akbar bertajuk Ambyar Tak Jogeti di Gelora Bung Karno tahun ini. Kosner tersebut juga jadi penanda 30 tahun Didi Kempot berkari dalam industri musik tanah air.

Didi Kempot memulai kariernya pada  1984 sebagai musisi jalanan. Bermodalkan ukulele dan kendhang, Didi Kempot kala itu mulai mengamen di kota kelahirannya di Surakarta, Jawa Tengah.

Semasa hidup, Didi Kempot telah merilis sekitar 700 lagu, baik yang dirilis maupun yang tidak. Meski lagu-lagu tersebut kebanyakan menggunakan Bahasa Jawa, tidak mengurangi penggemar-penggemarnya dari kalangan milenial.

Atas karya-karyanya, Didi Kempot berhasil memperoleh banyak penghargaan. Dari penghargaan di Anugerah Musik Indonesia pada 2001 sebagai Penyanyi Terbaik, hingga yang terbaru ia berhasil memperoleh penghargaan Lifetime Achievement Awards dari Billboard Indonesia Music Awards (IMA) 2020.

[teks timnewsroom/kompas.com]