‘Bombshell’, Skandal Pelecehan Seksual di Pertelevisian Amerika Serikat

113
0

Ilisteners, Kasus pelecehan seksual terus menerus jadi isu paling krusial di Amerika Serikat dalam beberapa tahun belakangan. Terakhir, di tahun 2017 lalu Producer Hollywood Harvey Weinstein tersandung kasus pelecehan seksual terhadap sejumlah artis yang terlibat dalam proyek filmnya.

Fenomena Isu pelecehan seksual ini pula yang kemudian coba diangkat ke layar lebar. Judulnya ‘Bombshell’. Bedanya, film ini berlatarbelakang dunia industri pertelevisian, dimana mengangkat kisah nyata pelecehan seksual terhadap lebih dari 20 karyawan wanita yang dilakukan oleh Roger Alies, Chief Executive Officer (CEO) media massa Fox News dan Fox Television, Amerika Serikat.

Dikisahkan, Roger Alies (John Lithgow) melakukan perbuatan tidak senonoh itu sejak tahun 1960 saat ia masih menjabat sebagai eksekutif produser di program acara The Mike Douglas Show.

Pada 2006, Roger melakukan pelecehan kepada seorang reporter senior bernama Gretchen Carlos (Nicole Kidman) dengan iming-iming kenaikan gaji apabila Gretchen mau berhubungan intim dengannya. Namun, Gretchen menolak permintaan Roger dan berujung pada pemutusan kontrak dirinya oleh Fox News.

Gretchen yang merasa sakit hati kemudian mencoba membongkar perilaku bejat Alies. Bak gayung bersambut, pengakuan Grethen yang telah mengalami pelecehan seksual oleh Alies ternyata berhasil memicu korban lainnya untuk berani bersuara. Termasuk teman kerjanya yang bernama Megyn Kelly (Charlize Theron), seorang news anchor yang mengalami hal serupa.

Megyn bahkan berhasil menginisiasi dan mengumpulkan lebih dari 20 wanita yang mengalami plecehan seksual, baik secara fisik maupun verbal oleh Ailes, untuk kemudian membuat gerakan yang dinamai MeeToo.

Film inspiratif yang kental dengan perjuangan wanita melawan seksisme di lingkungan kerja ini disutradai oleh Joy Roach. Ia menggandeng Charles Randolph sebagai penulis naskah.

Salah satu hal ayng patut diapresiasi dari film ini adalah keberanian sang sutradara serta sang penulis skenario untuk mengadaptasi skandal ini menjadi sebuah tontonan yang menarik.

Sebelum difilmkan, kisah nyata skandal pelecehan seksual ini ditulis dalam buku biografi ‘The Loudest Voice in The Room’ karya Gabriel Sherman, penulis di New York Magazine pada tahun 2014.

Film Bombshell diisi oleh jajaran artis dan aktor yang sudah punya nama besar seperti pemenang Penghargaan Starring Academy Award, Charlize Theron, pemenang Academy Award, Nicole Kidman, nominasi Academy Award, John Lithgow dan Margot Robbie.

Karakter Margot Robbie menjadi satu-satunya karakter utama dalam film yang tidak didasarkan pada tokoh sungguhan. Bombshell layak jadi salah satu pilihan untuk hiburan akhir tahun karena lewat film ini banyak pelajaran dan berbagai hal baru yang selama ini nggak kita tahu dari industri pertelevisian.

Berikut ini trailer film Bombshell :

[teks timnewsroom/berbagaisumber | foto lionsgate]