Ady Melarang Naff Bawakan Lagu-lagu Ciptaannya

97
0
Ady Melarang Naff Bawakan Lagu-lagu Ciptaannya

Mantan vokalis Naff, Ady membuat pernyataan mengenai larangan Naff untuk membawakan lagu-lagu ciptaannya. Larangan ini dibuat agar personel Naff dapat menghargai karya-karya ciptaan orang lain.

Personel Naff tak boleh menyanyikan lagu ciptaan dari Ady terhitung mulai 29 September. Pernyataan tersebut dibuat Ady dalam unggahan video di Instagram.

“Untuk diketahui, pencinta musik Indonesia, teman-teman EO, manajemen Naff, dan khususnya personel Naff, hari Jumat ini tanggal 29 September 2023 dan sampai kapan pun, saya menyatakan bahwa saya tidak mengizinkan Naff untuk membawakan semua lagu-lagu saya, karya cipta saya,” kata Ady.

Ady mengungkapkan larangan terhadap lagu-lagu ciptaannya ini agar saling menghargai sesama musisi. Terlebih, ia pun juga sudah tak lagi berada di band Naff.

View this post on Instagram

A post shared by Seniman (@ady_287)

“Tujuan saya membuat pernyataan terbuka ini adalah agar kita bisa sama-sama saling menghargai dan beretika terhadap karya-karya cipta orang lain,” ujarnya.

Sejak keluar dari Naff pada tahun 2020, Ady sudah tak memiliki hubungan kerja sama dengan Naff. Namun, beberapa kali Naff masih menyanyikan lagu ciptaan dari Ady tanpa izin.

“Terhitung sejak lagu-lagu itu diciptakan, Ady tidak pernah mengalihkan, menyerahkan, menghibahkan dan/atau menjual hak atas lagu-lagu ciptaannya kepada masing-masing anggota dan/atau kepada Naff.” keterangan tertulis Ady.

“Selama kurun waktu 13 tahun sejak Ady keluar dari Naff hingga saat ini, Naff masih membawakan lagu-lagu ciptaan Ady secara komersil tanpa meminta izin kepada Ady dan Ady tidak mendapatkan manfaat ekonomi baik secara langsung maupun melalui lembaga manajemen kolektif atas penggunaan secara komersil lagu-lagu ciptaannya oleh Naff,” ucapnya.

Baca Juga: Gelar Screening Perdana, Film Imam Tanpa Makmum Tuai Pujian

Ady sendiri telah menciptakan 67 lagu dengan beberapa lagu hit, seperti A.N.G, Kau Masih Kekasihku, Ketika Semuanya Harus Berakhir, Bila Nanti Kau Milikku, Terendap Laraku, Akhirnya Ku Menemukanmu.