5 Buah Ini Ampuh Turunkan Kolestrol Setelah Makan Besar Saat Lebaran

376
0
Buah Turunkan Kolestrol Saat Lebaran

Tidak lengkap rasanya lebaran tidak memakan makanan yang pemuh lemak dan santan seperti opor ayam atau rendang. Hal ini pun akan membuat kolestrol Anda dapat meningkat.

Apabila tidak terkontrol dengan baik, kolestrol jahat tersebut dapat mengeras dalam tubuh dan dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti serangan jantung maupun stroke.

Meski harus memakan makanan seperti daging atau pun santan saat lebaran, namun ada cara meminimalisir kadar kolestrol yang ada di dalam tubuh. Berikut ini lima buah-buahan yang ampuh untuk mengurangi kolestrol sehabis makan besar saat lebaran.

Alpukat

Buah Turunkan Kolestrol Saat Lebaran

Di dalam alpukat terdapat lemak sehat yang bagus untuk tubuh dan juga menurunkan kolestrol. Bahkan, ada penelitian yang mengatakan buah alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 13,5 mg/dL serta bisa digunakan untuk diet.

Anggur

Buah Turunkan Kolestrol Saat Lebaran

Seperti diketahui, kolestrol jahat yang menumpuk akan mengeras dan membuat dinding arteri menyempit. Dalam hal ini, buah anggur dapat mencegahnya dengan membantu melindungi sel dan mengurangi peradangan sehingga menghambat penumpukan kolesterol di dinding arteri.

Di dalam anggur terdapat senyawa polifenol yang dapat mencegah kerusakan sel. Disarankan untuk mengkonsumsi anggur sekitar 100-200 gram untuk membantu menurunkan risiko melonjaknya kadar kolesterol.

Apel

Buah Turunkan Kolestrol Saat Lebaran

Apel mengandung senyawa fenolik dalam kulitnya yang dapat meningkatkan fungsi sel sehat serta aliran darah yang baik. Hal ini berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat.

Stroberi

Buah Turunkan Kolestrol Saat Lebaran

Sama halnya seperti anggur, buah stroberi memiliki nabati polifenol. Ada baiknya stroberi dikonsumsi setelah makan besar ketika lebaran untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolestrol.

Baca Juga : Ngobrol Bareng Bersama Pasha “Ungu”: Buat Apa Trending, Kalau Kemudian Berhenti Berkarya

Tomat

Buah Turunkan Kolestrol Saat Lebaran

Di dalam tomat terdapat antioksidan lycopene yang dapat menurunkan risiko kadar kolesterol jahat. Selain itu, buah tomat juga mengandung vitamin A dan C yang melimpah.