9 Fakta yang Perlu Anda Ketahui Tentang Anggun

46

Namanya di dunia tarik suara tentu tidak perlu diragukan lagi. Kulit sawo matang dan rambut panjang menjuntai miliknya sudah menjadi dua ciri khas putri dari penulis Darto Singo, dan Dien Herdina, seorang kerabat Kesultanan Yogyakarta, Anggun C. Sasmi.

Bagi Anda yang masih sempat menjadi penonton setia siaran televisi khusus musik, MTV, pasti tahu siapa sosok perempuan menawan ini. Mengejar mimpinya hingga ke kancah internasional, berikut 15 fakta menarik tentang penyanyi yang mengharumkan nama bangsa Indonesia ini:

1. Selalu dikenal dengan nama lengkapnya, namun tahukah Anda bahwa huruf C pada nama Anggun C. Sasmi merupakan kependekan dari Cipta?

2. Ibu seorang anak perempuan ini terlahir di Jakarta pada tanggal 29 April 1975. She’s a Taurean!

3. Terlahir sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), Anggun memutuskan untuk mengejar mimpinya ke Prancis hingga akhirnya mengubah status kewarganegaraannya menjadi warga Prancis. Bukan karena tak cinta, namun karena hal tersebut akan memudahkan perjalanan kariernya.

4. Pernyataan kacang lupa kulitnya sudah seringkali dilontarkan kepadanya, namun baginya, nasionalisme itu lebih dari sekadar status kewarganegaraan.

5. “Masih banyak orang yang belum paham akan arti nasionalisme yang sebenarnya. Cap di paspor itu bukan bukti, buat apa tinggal di Indonesia jika Anda tidak bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar?

Nasionalisme itu ada di dalam bahasa dan apa yang dapat saya berikan ke negara ini,” tuturnya dengan tegas.

6. Dalam satu tahun, paling tidak Anggun dan keluarganya akan pulang ke Indonesia sebanyak empat kali.

7. Meski memiliki rumah di Bali, sang penyanyi juga menganggap Bali sebagai salah satu destinasi wajib untuknya berlibur.

8. Salah satu tradisi Indonesia yang masih dilakukannya adalah masih mengkonsumsi nasi. “Diet?” ujarnya sambil tertawa.

9. Kutipan inspiratif yang selalu ia ingat adalah “Kalau gagal, coba lagi”.