Ini Kata Presiden Jokowi Soal Pembatasan BBM Pertalite

9
0
Ini Kata Presiden Jokowi Soal Pembatasan BBM Pertalite

Baru-baru ini Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo alias Jokowi mengungkapkan perihal rencana pemerintah yang akan melakukan pembatasan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite.

Ini Kata Presiden Jokowi Soal Pembatasan BBM Pertalite

Hingga saat ini diketahui terdapat tiga skema yang disiapkan oleh Jokowi perihal pembatasan ini. Pertama, masih dibahas mengenai apakah pembatasan dilakukan berdasarkan besaran kriteria cubicle centimeter (cc) kendaraaan.

Kedua, apakah yang berhak membeli Pertalite hanya mobil umum dan roda dua atau motor saja. Ketiga, hanya untuk warga yang tidak mampu berdasarkan data dan akan diberikan subsidi melalui PKH atau Bantuan Langsung Tunai ataupun Bantuan Sosial (Bansos) sembako.

Kini pemerintah bersiap melakukan pembatasan agar pemakaian BBM bersubsidi lebih tepat sasaran. Jokowi mengakui persoalan penyaluran subsidi masih berkaitan dengan data. Sejumlah pemangku kepentingan masih berkutat dengan data di masing-masing instansi dalam mengkalkulasi sebuah kebijakan.

Ini Kata Presiden Jokowi Soal Pembatasan BBM Pertalite

“Kalau subsidi bisa masuk ke orang, bisa tepat sasaran, tidak seperti sekarang Pertalite, mobil mewah masih mengisi bensin Pertalite. Harusnya kan tidak seperti itu” kata Jokowi mengutip dari CNBC Indonesia.

“Ini masih dalam hitung-hitungan kita bagaimana membangun sistem agar subsidi betul-betul tepat sasaran jangan yang kaya masih menikmati yang seharusnya bukan untuk mereka. Platform aplikasi ini yang sedang disiapkan dan itu memang memerlukan waktu,” tegas Jokowi.

Selain itu, menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan bahwa rencana pemerintah melakukan pembatasan pembelian Pertalite dan Solar Subsidi hanya tinggal menunggu waktu. Pihaknya memang masih melakukan kajian untuk menyalurkan BBM subsidi tepat sasaran. Hal itu karena memerlukan pemakaian dan pendataan data yang akurat dan paling solid.

Sebagai bentuk mendukung langkah pembatasan pembelian Pertalite dan Solar Subsidi tersebut. Saat ini PT Pertamina (Persero) mewajibkan kepada kendaraan roda empat atau mobil untuk melakukan pendaftaran kendaraan di MyPertamina.
Bagaimana tanggapan Anda I-Listeners?

Penulis: Fadia Syah Putranto