5 Lagu Ini Ternyata Pernah Dilarang Diputar di Indonesia

566
0
5 Lagu Ini Ternyata Pernah Dilarang Diputar di Indonesia

Tahukah I-Listeners, industri musik Indonesia pernah berada dalam masa terkekang alias musisi tidak bebas menulis lagu dan menghasilkan karya karena adanya aturan pemerintah yang ketat.

Saat itu, pemerintah menganggap lirik lagu-lagu bersifat negatif dan provokatif sehingga dilarang untuk diperdengarkan. Sehingga ada sejumlah lagu yang dilarang diputar atau beredar di Indonesia.

Ada lagu apa saja? simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Bento – Iwan Fals

Pertama ada lagu Bento dari Iwan Fals. Sang pembuat lagu, Iwan Falas memang dikenal sebagai salah sosok di dunia musik yang suka menyuarakan keluh kesah lewat lirik lagu.  Selain Bento lagu Iwan fals lain seperti Bongkar dan Surat untuk Wakil Rakyat kabarnya pernah dicekal.

Gossip Jalanan – Slank

Lagu Gossip Jalanan punya lirik yang dianggap berisikan kritik kepada laku hidup pejabat korup memancing perhatian wakil rakyat dan membuat heboh. Sehingga lagu tersebut sempat dilarang beredar.

Mimpi di Siang Bolong – Doel Sumbang

Lagu Doel Sumbang yang berjudul Mimpi di Siang Bolong dilaporkan pernah berurusan dengan pemerinta dikarenakan lirik lagu yang memojokan pemerintahan.

Cinta Satu Malam – Melinda

Lagu satu ini pernah dicekal lantaran punya lirik yang dianggap cabul oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat, I-listeners.

Baca Juga: Ariel NOAH: Mulai Tahun Depan Kami Mau Istirahat Panjang

Hati Yang Luka – Betharia Sonata

Tak hanya lagu-lagu dengan lirik kritik terhadap Pemerintah, pada era Orde Baru, lagu “cengeng” tentang percintaan juga sempat dilarang untuk diputar dan ditayangkan di televisi.

Satu yang paling terkenal saat itu adalah lagu “Hati Yang Luka” dari Betharia Sonata. Namun, pada acara perayaan ulang tahun salah satu stasiun televisi 1988 Menteri Penerangan, Harmoko dengan tegas melarang pemutaran lagu tersebut.