4 Pengobatan Tradisional yang Masih Populer di Indonesia 

39
0
4 Pengobatan Tradisional yang Masih Populer di Indonesia 

I-Listeners, Indonesia sudah dikenal dengan keberagaman suku dan budaya tentu punya warisan yang diturunkan secara turun menurun ke generasi baru. 

Hal tersebut berlaku pada pengobatan tradisional yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menyembuhkan macam-macam penyakit. Obat tradisional sendiri bisa disebut sebagai obat rakyat karena menggunakan bahan-bahan tradisional atau herbal. 

Lalu, pengobatan tradisional apa saja yang masih populer di Indonesisa? Simak ulasannya berikut ini: 

1. Jamu

Ramuan bahan alami ini masih banyak digunakan masyarakat Indonesia sebagai pilihan alternatif untuk menyembuhkan penyakit. Jamu dianggap bermanfaat untuk memelihara kesehatan, kegairahaan dan mencegah timbulnya penyakit termasuk menambah imun tubuh. 

2. Gurah 

Gurah merupakan alternatif pengobatan tradisional dengan cara membersihkan dan mengeluarkan lendir yang kotor, beracun dan mengandung berbagai kuman dan penyakit. 

3. Naturopathy 

4 Pengobatan Tradisional yang Masih Populer di Indonesia 

Selanjutnya ada naturopathy sebagai obat alternatif yang menggunakan ramuan dari China dan Indonesia. Pengobatan dilakukan dengan denyut nadi, lidah, mata dan kulit wajah tanpa melakukan proses operasi. 

Baca Juga: Tulus Gambarkan Kisah Lagu “Nala” Lewat Video Klip Terbarunya 

4. SPA (Sehat Pakai Air) 

4 Pengobatan Tradisional yang Masih Populer di Indonesia 

Perawatan menyeluruh unutk menyeimbangkan tubuh, pikiran dan perasaan dengan menggunakan air yang diberi ramuan khusus. Pengobatan satu ini juga dikenal sebagai sebuah terapi untuk menjaga kesehatan tubuh. 

 

Penulis: Fadia Syah Putranto