Robin Hood 2018, Pahlawan Rakyat Jelata Tanah Inggris

48

Ilisteners, Pasti familiar dengan sosok pahlawan rakyat jelata asal Inggris Robin Hood, yang terkenal karena kedermawanannya pada kaum miskin dan tertindas. Ia juga dikenal sebagai pencuri ulung, yang harta hasil rampasannya kemudian ia bagikan pada kaum miskin. Kali ini karakter bangsawan Robin dari Loxley diperankan oleh Taron Egerton.

Berbeda dengan film-film sebelumnya, Robin Hood 2018 mencoba untuk meninggalkan kesan robin hood tradisional. Meski tidak semua, Robin Hood kali ini setidaknya tampil lebih kekinian mulai dari segi fashion para pemerannya dan juga dari segi efek.

Film ini mencoba mengajak penonton untuk flashback awal mula Robin Hood sebelum ia dikenal menjadi jagoan pujaan rakyat Nothingham Inggris. Mulai dari pertemuannya dengan sang pujaan hati Marian (Eve Hewson), sampai wajib militer ke Afrika Utara yang harus dijalaninya, serta pertemuannya dengan seorang Muslim yang juga prajurit terlatih dari Bangsa Moor, Yahya, yang lantas dipanggil John (Jamie Foxx), mengubah segalanya.

John belakangan membantu Robin membalaskan sakit hatinya pada Sheriff of Nottingham (diperankan oleh Ben Mendelsohn) yang menyita sembarangan kastilnya sebagai pajak perang. John pun melatih Robin menjadi seorang pemanah berteknik tinggi, yang mampu memanah saat melompat di udara, bahkan membidik tiga target sekaligus dalam satu tembakan.

Film ini menyuguhi intrik sheriff dan pihak gereja yang terus menerus memungut pajak perang dari rakyatnya yang kemudian memicu robin melakukan perlawanan.

Secara keseluruhan, film ini menyuguhkan aksi Robin Hood dalam versi yang lebih modern dan tentunya tidak ketinggalan drama percintaannya dengan Sang kekasih Marian. Hanya saja dari segi cerita, film ini kurang menyuguhkan sesuatu yang baru dan alurnya relatif mudah ditebak.

Beruntung, aksi memanah di film ini begitu memukau. Tak heran, sebab pelatih panah yang ditunjuk untuk film ini adalah pemanah Lars Andersen dari Denmark, yang sudah populer dengan keahlian memanahnya lewat channel Youtube.

Robin Hood 2018 dirilis tepat 110 tahun sejak pertama kali sosok bertudung ini muncul di layar lebar dalam Robin Hood and His Merry Men (1908). Film ini disutradarai oleh Otto Bathurst, dengan produser Leonardo DiCprio dan Jennifer Davidsson bersama dengan Ben Chandler. Film ini sendiri sepertinya disiapkan untuk memiliki sekuel nantinya.

Berikut ini trailer film Robin Hood 2018 :

[teks timnewsroom | foto lionsgate]