Ternyata Ada Jalan Tol di Indonesia yang Bisa ‘Nyanyi’

73
0
Ternyata Ada Jalan Tol di Indonesia yang Bisa 'Nyanyi'

I-Listeners, apa ada yang sudah tahu tentang adanya jalan tol di Indonesia yang bisa bernyanyi? Bahkan, tidak asal mengeluarkan nada, jalan tol ini bernyanyi lagu ‘Selamat Ulang Tahun’.

Jalan tol bernyanyi ini diterapkan pada ruas Ngawi-Kertosono-Kediri. Uniknya, setiap pengendara yang melewati jalan tol ini akan mengeluarkan nada.

Diketahui, Singing Road atau fitur jalan tol yang bisa bernyanyi adalah salah satu keunikan di Tol Trans-Jawa. Singing Road atau jalan bernada adalah marka berbentuk rumble strip yang dipasang pada badan jalan. Jalan bernada di tol ini akan memunculkan suara ketika dilalui oleh mobil yang melintas.

Ternyata Ada Jalan Tol di Indonesia yang Bisa 'Nyanyi'

Nada yang dihasilnya berbunyi lagu ‘Selamat Ulang Tahun’. Bunyi ini memang sengaja dipasang oleh anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, yakni PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK).

@bumninfo Coba tebak lagu apa di tol unik Indonesia ini? ūüėČ #bumn #bumninfo #fyp #tiktokpintar #berbagiilmu #samasamabelajar #masteredukasi #unik#jasamarga ‚ô¨ original sound – BUMN Info

“Jasa Marga berinovasi dengan menambahkan singing road, yakni marka jalan berupa speed trap dengan ketebalan tiga milimeter,” tulis akun @official.jasamargatransjawatol, dikutip Kompas.com pada Selasa (11/5/2021).