Tahap Kedatangan Vaksin Di Indonesia

493
0
Tahap Kedatangan Vaksin Di Indonesia

Vaksin Covid-19 mungkin menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu atau dihindari. Sejak 6 Desember 2020, Indonesia sudah mendapatkan pasokan vaksin Covid-19 berupa vaksin Sinovac dengan jumlah 1.200.000 dosis. Vaksin pertama pada 13 Januari 2021 diberikan kepada Presiden, sejumlah pejabat, tokoh agama, dan perwakilan masyarakat.

Tahap Kedatangan Vaksin Di Indonesia

Berdasarkan data dari covid19.go.id, sudah ada 11 tahapan kedatangan vaksin Covid-19 yang tiba di Indonesia. Data ini dihitung per 1 Mei 2021. Total dosis sebagai bahan baku mencapai 65,5 juta dosis dari Sinovac. Nantinya bahan baku vaksin ini akan diolah oleh PT Bio Farma untuk didistribusikan kepada masyarakat.

Tahap Kedatangan Vaksin Di Indonesia

Adapun vaksin jadi yang sudah Indonesia terima dimana vaksin tersebut siap diberikan kepada masyarakat. Jumlahnya 8.948.000 dosis yang terdiri dari Sinovac, AstraZeneca, dan Sinopharm.

Tahap Kedatangan Vaksin Di Indonesia

Dilansir Berita Satu, 8 mei 2021 kemarin Indonesia kedatangan vaksin AstraZeneca dengan jumlah 1.389.600 dosis. Dengan kedatangan vaksin ini bisa menjadi tahapan kedatangan yang ke-12. Kedatangan vaksin ini disaksikan oleh Menteri Luar Negeri di Bandara Soekarno-Hatta.

Pemberian dosis vaksin dilakukan sebanyak dua kali dengan penjarakan waktu antara yang pertama dan kedua. Vaksin diberikan sehingga imun tubuh seseorang lebih kebal dan dapat meminimalisir tertularnya Covid-19. Tetapi tidak menutup kemungkinan Anda terkena virus Covid-19 setelah pemberian vaksin dan tidak mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga : Kolestrol Di Daging Kambing Ternyata Lebih Rendah Dibanding Ayam dan Sapi

Semoga dengan banyaknya vaksin yang sudah diberikan kepada masyarakat dapat mengurangi bahkan membasmi virus Covid-19.