Siaran TV Analog di Jabodetabek Bakal Mati Per 5 Oktober 2022

13
0

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menetapkan jadwal suntik mati (Analog Switch Off) siaran televisi (TV) analog dan beralih ke digital untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Analog Switch Off (ASO) akan dilakukan di Jabodetabek dan sekitarnya per 5 Oktober 2022.

Sebelumnya, Kominfo mengubah pelaksanaan ASO yang semula diadakan bertahap pada 30 April, 25 Agustus, dan 2 November 2022, menjadi berdasarkan kesiapan wilayah. Kendati demikian, pemerintah menegaskan target penyelesaian ASO tidak berubah, yakni paling lambat 2 November 2022.

Jabodetabek sendiri dapat jatah suntik mati siaran TV analog pada 5 Oktober 2022. Hal ini diungkapkan oleh Staf Khusus Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti.

“Kominfo mengumumkan wilayah Jabodetabek dan sekitarnya telah memenuhi kriteria ASO, maka penghentian siaran TV analog oleh seluruh lembaga penyiaran di jabodetabek akan dilakukan secara serempak pada tanggal 5 oktober 2022 pukul 24.00 WIB,” ujar Niken, Jumat (23/9).

Menurut Niken, dari 112 wilayah layanan siaran yang meliputi 341 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, 90 di antaranya disiapkan infrastuktur multiplexing sehingga masyarakat sudah siap beralih ke siaran TV digital.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah