Sandiaga Uno Ungkap Alasan Masih Gunakan Mobil ‘Sejuta Umat’

262
0
Sandiaga Uno Ungkap Alasan Masih Gunakan Mobil 'Sejuta Umat'

Seorang pejabat daerah atau pengusaha sukses tentunya memiliki kecukupan untuk membeli sebuah mobil mewah dalam berkendara. Namun, hal ini tidak terjadi pada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno yang masih menggunakan mobil ‘sejuta umat’.

Jika dilihat dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 2020, Sandiaga memiliki total kekayaan 3.815.767.386.190 (Rp3,8 triliun). Namun ternyata sebagian besar hartanya itu lebih banyak untuk berinvestasi pada bisnis dibanding mengoleksi mobil mewah.

Bahkan, berdasarkan harta kekayaan LHKPN tersebut, terlihat Sandiaga Uno hanya memiliki dua kendaraan yakni Nissan Grand Livina dan Nissan X-Trail. Harga untuk kedua mobilnya pun tidak sampai 300 juta.

Sandiaga Uno Ungkap Alasan Masih Gunakan Mobil 'Sejuta Umat'

Diketahui, Mobil Nissan Grand Livina tahun 2013 dengan nilai Rp100 juta dan Nissan X-Trail tahun 2015 dengan nilai Rp200 juta. Meski begitu, Sandiaga Uno masih tetap setiap dengan mobil pribadinya itu.

Ketika ditanya oleh pengusaha mobil mewah, Rudy Salim, alasan Sandiaga Uno tetap setia dengan mobil ‘sejuta umat’ tersebut adalah karena fungsi. Sandiaga melihat sebuah kendaraan dari fungsi bukan dari kemewahannya.

“Pak, Bapak kan triliuner, kenapa mobilnya mobil biasa Pak?” kata Rudy Salim, dikutip dari akun Instagram.

“Saya tuh sangat fungsional melihatnya, ya. Saya tuh enngak terlalu lihat mobil sebagai salah satu kebutuhan segi luxury-nya, tapi dari segi fungsi,” ujar Sandiaga.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah