Raih Emas Asian Games 2023, Rahmat Erwin Cetak Rekor Dunia

12
0
Raih Emas Asian Games 2023, Rahmat Erwin Cetak Rekor Dunia

Emas baru saja dipersembahkan lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah di Asian Games 2023. Bahkan, Rahmat Erwin juga memecahkan rekor dunia di angkatan clean and jerk.

Penampilan memukau diperlihatkan Rahmat saat tampil di kelas 73 kg ajang Asian Games 2023 di Hangzhou, China, Selasa (3/10). Rahmat berhasil membukukan total angkatan 359kg, terdiri dari 158kg angkatan snatch dan 201kg angkatan clean & jerk.

Total angkatan tersebut membuat Rahmat memecahkan rekor Asian Games. Tak hanya Asian Games, lifter asal Makassar itu juga memecahkan Rekor Dunia angkatan clean and jerk.

“Ya, tadi setelah angkatan kedua seberat 196kg berhasil saya angkat. Saya pikir untuk mengungguli lawan saya harus menambah beban seberat 5 kilogram lagi agar tetap unggul.” kata Rahmat Erwin Abdullah.

“Ternyata, berhasil dan Alhamdullilah bisa memecahkan rekor dunia atas nama saya sendiri,” ucapnya.

Baca Juga: Titik Lemah Timnas Indonesia Diketahui Uzbekistan Sejak Fase Grup

Raih Emas Asian Games 2023, Rahmat Erwin Cetak Rekor Dunia

Dalam angkatan tersebut, Rahmat Erwin mengalahkan lifter Thailand yang merupakan juara dunia angkat besi 2023, Weeraphon Wichuma yang meraih medali perak. Kabid Binpres PB PABSI Hadi Wihardja mengatakan kunci kesuksesan Rahmat ialah pada angkatan snatch.

“Memang kami harapkan ia dapat memperbaiki angkatan clean and jerk-nya. Terlebih, ia merupakan pemegang rekor dunia. Namun, sekedar catatan, ia juga harus mumpuni di jenis angkatan snatch, karena China sangat baik di snatch,” kata Hadi.

“Sedangkan Thailand dan Korea Utara merupakan rival yang sangat ketat. Secara khusus Thailand yang sedang meningkat, dan merupakan juara dunia di Riyadh kemarin, namun clean and jerk tetap milik Rahmat,” lanjutnya.

“Sementara, Korea Utara setelah 4 tahun, cukup mengejutkan, khususnya di kategori putri mereka sangat luar biasa,” Hadi menandaskan.