Presiden Jokowi Dinobatkan Gelar Pangeran Kesultanan Ternate

12
0

Presiden Joko WIdodo (Jokowi) baru saja dinobatkan gelar oleh Sultan Ternate ke-49, Hidayatullah Sjah sebagai Dada Madopo Malamo atau Pangeran Bangsawan Keluarga Kesultanan Ternate. Penobatan ini terjadi di keraton Kesultanan Ternate, Rabu, 28 September 2022.

Penganugerahan Jokowi sebagai Dada Madopo Malamo turut disaksikan oleh Gubernur Provinsi Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba dan perangkat adat Kesultanan Ternate. Jokowi juga mengucapkan rasa terima kasihnya atas gelar Dada Madopo Malamo yang diberikan oleh Sultan Ternate Ke-49.

“Adat tradisi kearifan lokal memang kita terus jaga dan merawat, Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dikerjakan oleh Sultan Ternate,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi berkesempatan untuk melihat isi keraton Kesultanan Ternate. Ini juga merupakan bagian dari kunjungan kerja Jokowi ke sejumlah daerah di Sulawesi Tenggara.

“Pagi ini ada beberapa kegiatan Bapak Presiden yang pertama adalah menghadiri penganugerahan gelar adat kesultanan Ternate, di sana Bapak Presiden diberikan gelar Kesultanan Ternate,” kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono

Selanjutnya, Jokowi akan berkunjung ke Pasar Bahari Berkasan untuk meninjau kondisi pasar tersebut. Rencananya, Jokowi juga akan berdiskusi serta memberikan bantuan sosial kepada warga yang berada di Pasar Bahari Berkasan.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah