Pemerintah Siapkan 90 Miliar Untuk Jalur Cepat Lulusan SMK Yang Mau Bergelar D2

1246
0
Siapkan 90 Miliar Untuk Jalur Cepat Lulusan SMK Yang Mau Bergelar D2

Gelar dalam pendidikan menjadi suatu hal yang cukup penting bagi setiap orang. Di Indonesia sendiri memang ada jenjang pendidikan yang mana tidak perlu kuliah sudah dianggap dapat memenuhi syarat bekerja yaitu SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan.

Biasanya SMK bisa melanjutkan pendidikannya dengan mengambil gelar D2 atau D3 bahkan sarjana. Kabar baik untuk I-Listeners yang memang lulusan SMK dan ingin mengambil gelar D2.

Siapkan 90 Miliar Untuk Jalur Cepat Lulusan SMK Yang Mau Bergelar D2

Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim akan membuka jalur cepat untuk lulusan SMK yang ingin bergelar D2. Biasanya untuk mendapatkan sebuah gelar memang diperlukan waktu beberapa tahun. Dilansir CNN, Nadiem mengatakan bahwa program SMK-D2 yang tadinya harus ditempuh 5 tahun, kini akan dijadikan 4,5 tahun saja.

Sayangnya program jalur cepat atau perpendekan waktu ini hanya untuk sekolah SMK tertentu yang bekerja sama dengan perguruan tinggi dengan program Kampus Merdeka Vokasi yang baru dirilis 25 Mei kemarin. Perguruan tingginya pun juga bisa memilih SMK mana yang mau dijadikan kerja sama dalam program ini.

Ada dana sebesar 90 miliar yang akan diberikan oleh pemerintah sebagai bantuan kepada kampus dan SMK yang mau bekerja sama menjalankan program ini. Banyak syarat tertentu mengenai bantuan dana ini seperti kampus harus sudah bekerja sama dengan tiga perusahaan.

Baca Juga : Pasha “Ungu” Akui Tidak Tahu Cara Membuat Lagu Agar Viral

Kira-kira apakah I-Listeners tertarik untuk jalur cepat D2 ini?

Redaksi
Latest posts by Redaksi (see all)