Once Mekel Tegaskan Tak Lagi Nyanyikan Lagu Dewa 19

35
0
Once Mekel Tegaskan Tak Lagi Nyanyikan Lagu Dewa 19

Penyanyi Once Mekel menegaskan bahwa dirinya tidak akan menyanyikan lagu ciptaan Ahmad Dhani maupun Dewa 19. Hal tersebut akan dilakukan Once hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Once dan Ahmad Dhani akhirnya bertemu setelah polemik mengenai perizinan soal lagu di Kementerian Hukum dan HAM pada Selasa (18/4) siang. Pertemuan ini adalah untuk membahas tentang permasalahan lagu-lagu Dewa 19 yang dibawakan Once.

Once Mekel Tegaskan Tak Lagi Nyanyikan Lagu Dewa 19

Sebelumnya, Ahmad Dhani telah melarang Once untuk lagu-lagu dari Dewa 19. Hingga akhirnya Once pun mengungkapkan bahwa ia tidak akan lagi menyanyikan lagu Dewa 19 maupun ciptaan Ahmad Dhani.

“Saya enggak akan lagi bawain lagunya Dhani, baik sendiri maupun bersama Dewa 19, dalam waktu yang tak ditentukan gitu ya, untuk jangka waktu yang tidak ditentukan,” kata Once.

Ahmad Dhani mengutip Pasal 9 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta mengenai perizinan dari pencipta lagu. Diketahui, pasal 9 ayat (3) UU tersebut mengatur, “Setiap orang yang tanpa izin pencipta atau pemegang hak cipta dilarang melakukan penggandaan dan/atau penggunaan secara komersial ciptaan.”

Baca Juga: Berbagi Kebaikan, I-Radio Jakarta Rayakan Ramadan Bersama Tangsel Life

Meski begitu, Once mengatakan bahwa ini hanyalah masalah pribadi saja. Ia berpegang pada hukum positif bahwa sebenarnya tidak boleh melarang-larang penyanyi membawakan lagu pecipta aslinya.

“Ini hanya urusan pribadi saja ya, kalau hukum positif kita sampai hari ini tidak ada larang-larangan, tidak bisa larang-larangan.” ujar Once.

Mendengar perkataan Once ini, Ahmad Dhani mempertegas bahwa harus ada izin dari sang pencipta lagu terkait menyanyikan lagu untuk dipakai manggung.

“Semua sepakat harus ada izin,” jawab Dhani singkat.