Menyusuri wisata kuliner Penang-Malaysia

7015
0
Penang Street Food
Penang Street Food

Setiap tempat wisata dibelahan dunia ini pasti memiliki kelebihan yang membuatnya pantas untuk dikagumi dan dikunjungi. Tanpa terkecuali, Pulau Penang yang menjadi bagian dari negara Malaysia.

Terbukti, Pulau yang memiliki populasi lebih dari 15 juta ini tercatat sebagai salah satu Top 10 destinasi yang harus dikunjungi di dunia, versi The Guardians [2014]. Wah.. jadi penasaran ya, I-Listeners, seperti apa keindahan Penang itu?

Sebagai destinasi wisata, Pulau yang memiliki asal nama Pohon Pinang ini banyak dikagumi karena kuliner, budaya, keindahan alam, hingga jalanan-jalanan yang penuh nilai seni.

Nah, khusus soal kuliner, Lonely Planet pada tahun 2014, menyatakan jika Penang menjadi No. 1 tujuan kuliner terbaik di dunia. Ini artinya, Penang punya menu-menu makanan/minuman istimewa, atau kawasan khusus berkuliner ria.

Salah satu kuliner di Penang Street Food
Salah satu kuliner di Penang Street Food

Ketika ke Penang, silahkan mampir ke Penang Street Food. Di sini Anda akan menemukan aneka jajanan yang terkenal di Asia, dengan kualitas citarasa yang menggugah selera.

Selain itu, tradisi Asia yang sebagian besar hidup dalam kedai kopi akan benar-benar terasa di sini.

Sedangkan untuk kuliner Penang itu sendiri, dikenal dengan masakan China peranakan, yang banyak dipengaruhi citarasa Melayu, China, dan Thailand. Rasa unik pada setiap makanan khas Penang itulah yang menjadi alasan para pecinta makanan memburunya.

Selain soal kuliner, pulau yang menjadi persinggahan bangsa Inggris pertama di Asia Tenggara ini juga memiliki nilai seni dan budaya yang menakjubkan. Khususnya jika Anda berjalan-jalan di kawasan George Town, yang merupakan ibukota dari Penang.

Becak menjadi pilihan transportasi ketika berjalan-jalan ke George Town
Becak menjadi pilihan transportasi ketika berjalan-jalan ke George Town

Di George Town, Anda bisa mengunjungi aneka tempat wisata yang tidak banyak memakan waktu, karena mudah dijelajahi. Di antaranya Penang State Museum di Lebuh Farquhar, kemudian beralih ke Fort Cornwallis sebuah benteng tua Inggris pada abad ke-18, lalu menuju Street Harmony, di mana Anda akan menemukan tempat ibadah dari empat agama berbeda.

Kemudian lanjutkan petualangan di sekitar George Town, ke pusat sejarah The Ornate Pinang Perankan Mansion, Penang Heritage Trust [PHT], dan Han Jiang Ancestral Temple. Ketiga tempat ini sangat berdekatan.

Masih banyak tempat yang bisa dikunjungi di George Town dan sekitarnya. Karena tempat wisata satu dengan lainnya tidak memiliki jarak yang terlalu jauh, jadi Anda tidak perlu khawatir soal transportasi. Ada cara sederhana untuk menempuhnya. Anda bisa menggunakan becak, sepeda, atau sekadar berjalan kaki. Mudah, kan?

Sepeda juga menjadi pilihan transportasi ketika berjalan-jalan ke George Town
Sepeda juga menjadi pilihan transportasi ketika berjalan-jalan ke George Town

Dengan transportasi sederhana ini, memungkinkan Anda juga untuk menikmati setiap sudut daerahnya. Sehingga kesempatan bernasis ria, berfoto-foto pun sangat terpuaskan. [foto @mypenang.gov]

I-Listeners mau uang tunai Rp 350 ribu? Yuk ikutan kuis mengenai Penang di Facebook IRadio Jakarta dengan mengklik tautan ini.

LEAVE A REPLY