Menteri ESDM: Rice Cooker Gratis Masih Belum Pasti

5
0

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menjelaskan rencana bagi-bagi rice cooker gratis belum pasti. Menurutnya rencana tersebut masih dalam tahap pembahasan.

“Usulan yang ada kan rice cooker. Masih belum pasti, banyak aspek yang harus dievaluasi,” katanya kepada wartawan, Jumat (2/12).

Namun, Arifin tidak merinci apakah usulan bagi-bagi rice cooker gratis itu muncul dari kalangan internal Kementerian ESDM atau bukan.

Sejauh ini Arifin mengatakan pembagian bantuan penanak nasi listrik (BPNL) atau rice cooker tersebut masih dalam tahap pembahasan. Ini dikarenakan, persoalan anggaran melibatkan beberapa sektor dan lintas kementerian.

Meski belum pasti, Arifin menegaskan nantinya pembagian rice cooker gratis bakal menyasar masyarakat tidak mampu.

“Prinsipnya jenis-jenis alokasi itu untuk yang tidak mampu. Kalau yang sudah mampu, jangan dong. Tapi nanti kalau dikasih sekarang malah listriknya jepret, tahu-tahu sikringnya hangus bahaya. Jadi memang masih butuh pendalaman,” jelasnya.

Sebagai informasi, Wacana bagi-bagi rice cooker pertama kali terungkap dalam Forum Diskusi Publik yang digelar Jumat (25/11) lalu. Ternyata kebijakan ini masih sebatas pembahasan di Komisi VII DPR RI dan belum disetujui anggarannya.

 

Penulis: Eko Susanto