Mainan Edukatif Anak yang Tidak Terlalu Mahal

16
mainan anak yang edukatif

Dengan bermain, Si Kecil dapat belajar tentang banyak hal. Dan untuk meningkatkan kecerdasannya, ada beberapa mainan edukatif yang perlu Anda sediakan buat buah hati Anda tersebut.

Meskipun demikian, Anda tentunya diharapkan agar lebih selektif dalam memberi mainan pada anak. Sebab, pada dasarnya mainan yang baik adalah mainan yang dapat membuat Si Kecil bereksplorasi dan mengembangkan imajinasinya.

Anda tidak harus membelikan mainan yang mahal. Anda bisa menyediakan benda-benda berikut ini untuk mainan yang edukatif.

• Krayon Berwarna

Berikan Si Kecil krayon berwarna untuk memancing kreativitasnya dalam memberikan warna dan menuangkan ini melalui hasil karyanya.

• Balok-balok berbagai ukuran dari kayu maupun plastik

Ajak Si Kecil bermain balok. Bermain balok termasuk jenis permainan konstruktif, yaitu mainan yang membantu atau memanipulasi objek atau benda baru yang mungkin berbeda sama sekali dari bentuk asalnya. Beri petunjuk pada Si Kecil untuk membuat menara atau istana.

• Aneka Permainan Musik

Bermain musik dapat melatih motorik halus dan juga pendengaran serta kemampuan musikal anak. Ajak Si Kecil memencet tuts piano, memegang tingkat belira atau tongkat drum dan biarkan ia menemukan nadanya sendiri.

• Puzzle

Ajak Si Kecil bermain puzzle untuk mengasah kepekaan sensoriknya. Beri ia waktu ketika sedang bermain untuk melihat seberapa jauh ia dapat menyusun puzzle dengan cepat. Main puzzle adalah salah satu cara yang bagus untuk mengasah otak dan melatihnya untuk dapat memecahkan masalah.

• Bola

Bermain bola tidak hanya untuk merangsang motorik geraknya saja. Jika dimainkan bersama, maka aktivitas tersebut dapat melatih interaksi sosial anak, serta mengajarkan anak tentang menang dan kalah.

Bermain bola juga membuat Si Kecil tahu tentang main secara bergiliran sehingga ia lebih menghargai orang lain. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

Sumber artikel dari Mother and Baby Indonesia