Letkol Tituler, Deddy Corbuzier Dapat Tunjangan Hingga Hak Plat TNI

120
0

Artis sekaligus Youtuber Deddy Corbuzier resmi menjadi bagian dari satuan Mabes TNI menyusul dirinya mendapatkan pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat. Deddy pun dikabarkan mendapatkan hak terbatas.

“Untuk DC akan mendapatkan hak seperti TNI, tapi terbatas,” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksda Kisdiyanto Minggu (11/12).

Adapun hak yang diterima Deddy yakni sesuai pangkat dan jabatannya. Serta Pemberian pangkat tersebut mewajibkan Deddy terikat dengan hak dan peraturan militer.

Seperti gaji, tunjangan jabatan, tunjangan keluarga, termasuk plat TNI,” jelas Kisdiyanto.

Untuk diketahui, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberikan pangkat letnan kolonel (letkol) tituler kepada artis Deddy Corbuzier. Deddy mengumumkan hal itu melalui akun Instagramnya, Sabtu (10/12/2022).

Menurut Deddy, pangkat itu disahkan oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

“Kebanggaan yang luar biasa, penerimaan pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat oleh Menhan @prabowo. Yang disahkan oleh Panglima TNI @jenderaltniandikaperkasa dan KASAD @dudung_abdurachman,” tulis Deddy dalam unggahannya.

Juru bicara Menhan Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, menyebutkan, pertimbangan pemberian pangkat tituler karena Deddy mempunyai kemampun khusus yang dibutuhkan TNI, yakni kapasitas komunikasi di media sosial.

Menurut Dahnil, kemampuan dan performa Deddy ini akan membantu TNI untuk menyebarkan pesan-pesan kebangsaan, termasuk sosialisasi tugas-tugas TNI dalam rangka menjaga pertahanan Indonesia.

Baca juga : Kaesang Tidak Kenal Semua Dari 3000 Tamu Undangan

Dengan menyandang pangkat tersebut, Deddy pun otomatis akan terikat dengan aturan militer, selayaknya prajurit TNI pada umumnya.

“Termasuk kehilangan hak pilih selama dia bertugas. Pangkat tituler itu diberikan bersifat sementara selama yang bersangkutan menjalankan tugasnya,” kata Dahnil, Minggu (11/12).

 

Penulis: Eko Susanto