Jokowi Ungkap Dua Kunci Supaya Pandemi Covid-19 Menjadi Endemi

85
0
Jokowi Ungkap Dua Kunci Supaya Pandemi Covid-19 Menjadi Endemi

Dalam tinjauan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan secara virtual di 17 provinsi melalui Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat 18 Februari 2022, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa ada dua kunci supaya Covid-19 bisa menjadi endemi yaitu percepatan vaksinasi dan protokol kesehatan secara ketat.

Presiden ke-7 itu menaruh keyakinan penuh dengan percepatan  program vaksinasi yang diiringi dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat dilakukan, maka Indonesia akan mengalami transisi dari pandemi Covid-19 ke endemi. Sehingga warga Indonesia bisa menjalankan segala aktivitas tanpa terhambat oleh virus Covid-19.

“Karena memang kunci pengendalian Covid ini adalah vaksinasi dan kedua adalah protokol kesehatan,” kata Jokowi, kalau dua hal ini bisa kita tingkatkan secara masif, Insya Allah negara kita akan segera masuk dari pandemi ke endemi,” ujar Jokowi.

Jokowi Ungkap Dua Kunci Supaya Pandemi Covid-19 Menjadi Endemi

Selain itu Jokowi menginstruksikan agar pemerintah daerah mengutamakan program pemberian vaksin virus Covid-19 dosis booster di daerah-daerah dengan interaksi masyarakat yang tinggi, seperti pasar atau pertokoan. Jokowi juga berharap, upaya pengendalian Covid-19 dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional, agar masa terpuruk ekonomi Indonesia selama dua tahun terkahir bisa segera berakhir.

Dua kunci tersebut tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari seluruh elemen masyarakat Indonesia. Oleh karena itu mari sama-sama ikut menekan angka penyebaran Covid-19 khususnya varian Omicron dengan mengikuti vaksinasi dosis lengkap (1 dan 2) dan vaksin dosis lanjutan atau booster sembari menerapkan protokol kesehatan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

 

Penulis: Fadiasyah Putranto

Redaksi
Latest posts by Redaksi (see all)