Jokowi: Pemerintah Beri Bantuan Rumah Warga yang Rusak Akibat Gempa Cianjur

4
0

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah akan memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya rusak karena gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Nantinya rumah-rumah yang rusak berat dan ringan dan sedang, pemerintah akan berikan bantuan,” kata Jokowi saat meninjau daerah terdampak gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11).

Jokowi menyebut jumlah bantuan bervariasi. Bagi rumah yang rusak berat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp50 juta. Sementara rusak sedang sebesar Rp25 juta, dan rusak ringan Rp10 juta.

Ia pun meminta agar rumah-rumah itu dibangun lagi dengan konsep standar bangunan antigempa bumi.

“Rumah-rumah yang kena gempa ini diwajibkan untuk memakai standar-standar bangunan anti gempa oleh Menteri PUPR. Tadi disampaikan BMKG bahwa gempa ini 20 tahunan. Jadi rumah antigempa,” kata dia.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memperkirakan sekitar 2.300 bangunan warga yang rusak imbas bencana gempa bumi Cianjur.

Untuk diketahui, gempa bumi Cianjur memiliki kekuatan magnitudo 5,6 mengguncang pada Senin (21/11). Kekuatan gempa ini dirasakan masyarakat hingga di kawasan Jabodetabek.

Baca Juga: Korban Meninggal Dunia Akibat Gempa Cianjur Bertambah Jadi 162 Jiwa

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di pendopo bupati Cianjur, selasa (22/11) menyampaikan saat ini korban jiwa di gempa Cianjur telah menyentuh angka 162 orang.

 

Penulis: Eko Susanto