Jakarta Masuk Daftar Kota Besar di Dunia yang Terancam Tenggelam

27
0
Jakarta Masuk Daftar Kota Besar di Dunia yang Terancam Tenggelam

Baru-baru ini terdapat penelitan terbaru mengenai beberapa kota besar dunia yang terancam tenggelam. Salah satunya ada kota Jakarta yang diprediksi tenggelam jauh lebih cepat dibandingkan yang lain.

Studi terbaru diterbitkan jurnal Geophysical Research Letters, yang mengungkapkan kota-kota besar dunia tenggelam, bahkan lebih cepat daripada kenaikan permukaan laut di sekitar mereka.

Ada 5 kota besar di dunia yang terancam akan tenggelam dibanding kota-kota lainnya di seluruh dunia, yakni New York (Amerika Serikat), Bangkok (Thailand), Rotterdam (Belanda), Alexandria (Mesir) dan Jakarta (Indonesia).

Baca Juga: Solo dan Depok Wakili Indonesia di Ajang Kota Kreatif UNESCO

Berdasarkan penelitian jurnal Geophysical Research Letters, Jakarta yang memiliki populasi 10,6 juta orang, memiliki rata-rata  kecepatan tenggelam 1-15 cm per tahun. Diungakap bahwa risiko tenggela di Jakarta tinggi disebabkan karena lokasinya di dataran rendah dan menampung 27 sungai.

Jakarta Masuk Daftar Kota Besar di Dunia yang Terancam Tenggelam

Selain itu, penyebab tenggelamnya kota Jakarta karena penarikan air tanah yang tidak terkendali dan kenaikan level air laut. Diprediksi sebanyak satu per tiga wilayah Jakarta akan tenggelam pada 2050.

“Di beberapa kota, kami melihat penurunan beberapa sentimeter per tahun,” kata Profesor oseanografi di University of Rhode Island, Steven D’Hondt.

“Butuh pencairan es yang meningkat pada level tertentu sampai kedua level itu bertemu.”.

“Jika penurunan muka tanah berlanjut dengan laju seperti baru-baru ini, kota-kota ini terancam banjir besar lebih cepat dari yang diprediksi,” ucapnya.