Foto di KTP Buram & Tidak Jelas? Begini Cara Gantinya

146
0
Foto di KTP Buram & Tidak Jelas? Begini Cara Gantinya

I-Listeners, apakah Anda memiliki foto KTP yang tidak jelas atau buram? Ternyata bisa lho Anda mengganti foto di e-KTP tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Salah satu elemen terpenting dalam KTP ialah foto diri. Kerap kali beberapa orang malu menunjukkan KTP-nya karena ketika difoto wajahnya tidak siap sehingga menghasilkan foto yang kurang jelas dan tidak bagus.

Foto di KTP Buram & Tidak Jelas? Begini Cara Gantinya

Pergantian foto di e-KTP pun sah dan diizinkan. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh.

Warga hanya perlu datang ke kantor Dukcapil setempat untuk mengganti foto di e-KTP. Proses pergantian foto di e-KTP ini pun gratis alis tidak dipungut biaya.

“Gratis dan proses tidak memakan waktu yang lama. Kabupaten Bogor yang antreannya banyak karena penduduknya besar. Yang lain cepat,” beber Zudan dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Sinyal Kuat Kenaikan Gaji PNS, TNI dan Polri Tahun Depan

Syarat Mengganti Foto di KTP

  • Foto KTP dapat digantika jika kondisi foto buram, tidak jelas, terkelupas, atau terdapat kerusakan lainnya.
  • Foto KTP dapat diganti jika adanya perubahan penampilan, seperti contohnya dahulu tidak berhijab dan kini berhijab.

Hanya diperlukan dua syarat untuk pergantian KTP di kantor Dinas Dukcapil setempat, yakni membawa KTP elektronik yang lama dan fotokopi Kartu Keluarga atau KK.