Festival Jakarta Great Sale 2024: Mendorong Ekonomi Jakarta Menuju Global City

86
0

Event belanja tahunan, Festival Jakarta Great Sale (FJGS) resmi dibuka pada Kamis (06/06). Acara ini resmi dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono yang berlangsung dari 5 Juni hingga 10 Juli 2024 di 94 pusat perbelanjaan anggota APPBI DPD DKI, yang mengusung tema “Let’s Shopping, Now Jakarta Global City.” 

Bersamaan dengan pembukaan FJGS 2024, dilakukan juga peresmian pembukaan Jakarta Kreatif Festival yang berlangsung dari 6 Juni hingga 9 Juni 2024, dengan tema “Inovasi Jakarta Menuju Global City”. Kehadiran Jakreatifest tahun ini, diharapkan untuk membangun dukungan yang lebih solid untuk ekslasai peran UMKM dan Pariwisata dalam menggerakkan roda perekonomian, terpacunya pembentukan ekosistem produk/jasa sistem pembayaran berbasis digital, terakselerasinya pertumbuhan ekonomi serta terjaganya stabilitas harga di wilayah Jakarta yang mempunyai tujuan yang sama, yaitu meningkatkan perekonomian Jakarta Menuju Global City.

“Sejak digaungkannya FJGS 2024, kenaikan jumlah pengunjung di pusat perbelanjaan terus mengalami peningkatan. Perkembangan ini tentu meningkatkan rasa optimis Panitia FJGS 2024 dalam mencapai tujuan dan target yang telah ditentukan dapat mencapai angka 12 Triliun untuk periode FJGS 2024 selama 1,5 bulan. Kami melihat kenaikan angka jumlah pengunjung akan terus bertambah dengan berbagai promosi dan kegiatan menarik yang telah disiapkan pada waktu-waktu yang akan datang. Sebagai bentuk dukungan FJGS terhadap Pemerintah DKI Jakarta dalam mewujudkan visi Jakarta Global City maka tema FJGS 2024 mengangkat slogan “Lets Shopping, Now Jakarta Global City,” papar Mualim Wijoyo selaku Ketua Pelaksana FJGA 2024 sekaligus Ketua APPBI DPD DKI Jakarta.

Mualim juga menambahkan bahwa tahun-tahun sebelumnya dalam memperingati ulang tahun Jakarta, Pemerintah DKI selalu mengadakan gelaran event FJGS dan tahun ini menjadi sangat spesial karena bersamaan dengan gelaran Jakarta Kreatif Festival yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia. 

“Penyelenggaraan Festival Jakarta Great Sale 2024 ini dilakukan serentak di 94 pusat belanja anggota APPBI DPD DKI dengan berbagai kegiatan menarik yang dapat masyarakat kunjungi, seperti program diskon hingga 70%, belanja berhadiah, point reward, dan lain-lain. Selain itu, terdapat berbagai acara dengan mendatangkan karakter ataupun pengisi acara dari dalam dan luar negeri karena bertepatan dengan liburan anak-anak sekolah. Semua gelaran acara dalam Festival Jakarta Great Sale ini memang ditujukan untuk memeriahkan perayaan Ulang Tahun Kota Jakarta yang ke-497,” lanjut Mualim.

 

Dalam Opening Ceremony FJGS 2024, hadirkan Deville Abang None dari perwakilan 34 mall anggota APPBI DPD DKI Jakarta. Lalu, acara midnight sale akan hadir di tiga pusat belanja DKI Jakarta dan Program Kegiatan Sosial Pemeriksaan Kesehatan Gratis tersedia di enam pusat belanja yan bekerjasama dengan Biotek Indonesia.

Selain itu, untuk meningkatkan rasa solidaritas dan kekompakkan antar pusat belanja, diadakannya Lomba Fun Turnamen Badminton yang diikuti oleh 28 pusat belanja yang dilaksanakan pada tanggal 2 Juli sampai 4 Juli 2024 di GOR Soemantri Brodjonegoro – Plaza Festival.

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta selaku panitia festival bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI sebagai sponsor utama di kategori bank. BNI hadir untuk memberikan kemudahan transasksi bagi masyarakat dan akan ada booth khusus di 22 Mall anggota APPBI DKI Jakarta dengan memberikan berbagai program merchant menarik dari BNI.

“BNI siap memberikan kemudahan transaksi bagi para pengunjung melalui berbagai program menarik, seperti  cashback, cicilan 0&, dan pembukaan rekening baru. Kami mengajak seluruh masyarakat untuk memanfattkan momen ini dan bersama-sama memeriahkan HUT ke-497 Kota Jakarta,” ujar Okki Rushartomo, Corporate Secretary BNI.

Press Conference Opening Ceremony FJGS 2024 berlangsung di Taliwang Bali, dihadiri oleh Bapak Mualim Wijoyo, Ibu Sri Haryati (Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI Jakarta), Ibu Ratu Rante Allo (Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah DKI Jakarta), Bapak Andhika Pertama (Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Bapak Mesah Goni Ginting (Divisi RPP Bank Negara Indonesia).