Eko Yuli Berhasil Lolos ke Olimpiade Paris 2024

58
0

Atlet angkat besi Indonesia, Eko Yuli Irawan berhasil lolos ke Olimpiade Paris 2024. Ia berhasil merebut perak di Kejuaraan Dunia Angkat Besi (IWF) 2024.

Eko masuk ke dalam peringkat 10 besar RTO (Road to the Olympic) setelah merebut medali perak snatch di nomor 61 kg.

“Atlet Weightlifting, Eko Yuli Irawan berhasil meraih satu tiket lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah masuk Top 10 Ranking RTO sekaligus meraih medali perak di nomor Men’s 61 kg angkatan Snatch, pada ajang IWF World Cup 2024, di Phuket, Thailand,” tulis Kemenpora di Instagram pada Selasa (2/4).

Dikutip dari CNN Indonesia, Eko tidak memanfaatkan seluruh kesempatan untuk melakukan angkatan karena dirinya masih mengalami cedera kaki kiri.

“Saya sengaja hanya melakukan angkatan pertama snatch 133kg dan tidak melanjutkan ke angkatan berikutnya. Begitu juga saat gagal melakukan angkatan pertama 166kg untuk angkatan clean and jerk. Apalagi, saya sudah memastikan tiket kelas 61kg di Olimpiade 2024 Paris,” kata Eko.

Eko mengaku angkatannya kurang sempurna karena cedera kaki kirinya yang belum pulih.

“Terlalu berisiko bagi saya untuk memberikan penampilan terbaik,” imbuhnya.

Eko menjadi atlet Indonesia kedelapan yang memastikan tiket ke Olimpiade Paris 2024. Melansir dari akun Instagram Kemenpora, sebelumnya sudah ada tujuh atlet yang dipastikan tampil di turnamen olahraga multi-ajang itu.

“Sebelumnya, sudah ada tujuh atlet Indonesia yang memastikan diri lolos ke Paris Juli nanti yakni Arif Dwi Pangestu (Archery), Desak Made Rita Kusuma Dewi (Sport Climbing), Rifda Irfanaluthfi (Artistic Gymnastics), Diananda Choirunisa (Archery), Rahmad Adi Mulyono (Sport Climbing), Fathur Gustafian (Shooting), dan Rio Waida (Surfing),” tulis keterangan Kemenpora.