Coco, Anjing Pelacak yang Temukan Tiga Korban Gempa di Cianjur

17
0

Anjing pelacak yang turut dilibatkan Badan SAR Nasional (Basarnas) dalam pencarian korban hilang di lokasi gempa Cianjur, Jawa Barat, mendadak viral di media sosial. Anjing jenis labrador bernama Coco ini mampu menemukan tiga korban tertimbun akibat gempa di Cianjur.

Coco merupakan anjing pelacak terlatih yang tergabung dalam SAR Dog Jawa Tengah. Ia diterjunkan dalam membantu pencarian korban gempa di Cianjur selama enam hari.

“Iya benar Coco yang dilibatkan di Cianjur, 6 hari kita disana, mulai hari Selasa. Hari ini kita pulang, tadi pagi kita sampai Semarang. Kita kan gabung sama Basarnas. Kalau Basarnas balik, kita balik,” kata Ketua SAR Dog Jawa Tengah sekaligus pelatih Coco bernama Rahmat Hidayat dilansir dari detikcom.

Rahmat mengungkapkan bahwa dalam proses pencarian, anjing bernama Coco tersebut berhasil menemukan 3 korban yang tertimbun runtuhan gempa. Tiga korban ini di titik yang berbeda-beda.

“Coco berhasil membantu tim gabungan menemukan tiga posisi korban di hari yang sama, lokasinya di Cicendil, Cianjur. Jadi hari itu ada 8 korban ditemukan, tetapi Coco menemukan 3. Itu dalam satu hari yang sama,” ungkap Rahmat.

“Ketiga korban ditemukan di bawah longsoran tanah,” tambahnya.

Coco merupakan salah satu anjing yang sengaja dilatih untuk proses SAR di bawah naungan SAR Dog Jawa Tengah (Jateng). Coco selalu dibawa dalam proses SAR di lokasi yang tertimpa bencana.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah