Anies Baswedan Bantah Venue Formula E DKI Ditentukan Jokowi

44
0
Anies Baswedan Bantah Venue Formula E DKI Ditentukan Jokowi

Dikabarkan oleh Co-Founder Formula E Alberto Longo bahwa venue Formula E Jakarta akan ditentukan oleh Presiden Jokowi. Namun, hal ini justru dibantah oleh Gubernur Jakarta, Anies Baswedan yang menyebut penentuan lokasi Formula E Jakarta bukan urusan Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Co-Founder Formula E Alberto Longo memberikan pernyataan bahwa ajang venue Formula E di Jakarta akan diumumkan sebelum natal. Selain itu, yang akan memnentukan sirkuit ajang mobil listrik tersebut adalah Jokowi.

“Jadi kita akan melakukan semacam feasibilities study untuk di lima lokasi ini terlebih dahulu sebelum nanti diumumkan sebelum Natal dan mudah-mudahan sebelum Natal sudah ada keputusannya. Kita akan melanjutkan proposal kepada Presiden Republik Indonesia dan beliaulah yang akan mengambil keputusan,” ujar Alberto.

Anies Baswedan Bantah Venue Formula E DKI Ditentukan Jokowi

Senada dengan Alberto Longo, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) juga mengatakan beberapa lokasi yang akan dijadikan venue Formula E akan diputuskan oleh Jokowi. Saat ini sendiri sudah ada calon-calon lokasi yang akan jadi venue balap mobil listrik ini seperti wilayah Sudirman, PIK, kawasan dekat Stadion JIS, JIExpo Kemayoran, dan Ancol.

“Jadi ada 5 yang kita ajukan ke Presiden. Kira-kira mana yang beliau sarankan, plus-minus dari wilayah-wilayah,” ujar Bamsoet dalam jumpa pers.

“Kita harapkan event ini bisa meningkat banyak pariwisata. Penggemar otomotif dunia hadir di sini dan disiarkan lebih dari 150 televisi dunia dan disaksikan ratusan minimal lebih dari 1,8 miliar seperti yang kemarin di Mandalika,” sambungnya.

Anies Membantah

Anies Baswedan Bantah Venue Formula E DKI Ditentukan Jokowi

Namun, pernyataan mengenai Presiden Jokowi yang bakal menentukan venue Formula E Jakarta dibantah oleh Anies Baswedan. Menurut Anies, penentuan lokasi Formula E bukan urusan Presiden.

“Masa lokasi (yang menentukan) Presiden? Ya nggaklah. Lokasi kok, masa urusan lokasi kok Presiden,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (25/11).

“Nanti diklarifikasi. Nanti ada statement resminya. Yang nentukan itu ya FEO, IMI, JakPro, tiga itu. Iyalah, masa lokasi (ditentukan Jokowi),” ucapnya.

 

Penulis : Rifqi Fadhillah