Tiga Kota di Indonesia Masuk Kota Pintar di Dunia

21
0
Tiga Kota di Indonesia Masuk Kota Pintar di Dunia

The Smart City Observatory oleh IMD World Competitiveness Center, merilis Smart City Index (SCI) atau daftar indeks kota pintar dunia dari 141 kota di dunia. Ada tiga kota di Indonesia yang masuk dalam kota pintar di dunia.

Tiga kota di Indonesia, yakni DKI Jakarta, Medan dan Makassar masuk dalam daftar indeks kota pintar dunia. Kota Jakarta menempati urutan ke-102, Medan duduk di posisi ke-112, sementara Makassar berada di peringkat ke-114 sebagai smart city atau kota pintar terbaik di dunia.

Ada beberapa penilaian dari The Smart City Observatory memasukan tiga kota di Indonesia sebagai kota pintar di dunia. MIsalnya, Jakarnya yang dinilai mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan ketersediaan layanan medis, akses ke pendidikan berkualitas, dan penciptaan lapangan kerja baru.

Sementara kota Medan dianggap mempunyai fasilitas transportasi publik yang baik, memenuhi kebutuhan sanitasi dasar daerah miskin, hingga mempunyai fasilitas pelayanan kesehatan yang memuaskan.

Tiga Kota di Indonesia Masuk Kota Pintar di Dunia

Sedangkan kota Makasar dinilai layak berada dalam daftar kota pintar di dunia karena memiliki rapor baru untuk beberapa area seperti, akses informasi terhadap keputusan pemerintah daerah, kemampuan mengatur janji temu medis secara online dan kemudahan penggunaan angkutan umum berkat penjualan tiket dan penjadwalan secara online.

“Indeks Kota Cerdas IMD 2023 menilai persepsi penduduk pada isu-isu yang berkaitan dengan struktur dan teknologi aplikasi yang tersedia untuk mereka di kota mereka,” tulis The Smart City Observatory, dikutip Rabu (5/4/2023).

“Ada dua pilar yang menjadi persepsi warga diminta, yakni pilar struktur yang mengacu pada infrastruktur kota dan pilar teknologi terkait penyediaan dan layanan teknologi masyarakat,” lanjut laporan tersebut.

Baca Juga: Ini Sanksi Administrasi yang Didapat Indonesia dari FIFA

Sementara negara Asia Tenggara yang menempati posisi teratas adalah Singapura. Singapura berada diposisi ke-7 selama tiga tahun berturut-turut dalam daftar indeks kota pintar dunia. Posisi teratas kota pintar di dunia ditempati Zurich, Swiss.