6 Buah yang Dapat Membantu Kesegaran Tubuh Anda saat Puasa

68
0
Buah segar untuk berbuka puasa

Menjaga asupan cairan tubuh memang lebih menantang selama bulan puasa. Karena Anda melewatkan sarapan dan makan siang, tubuh Anda akan membutuhkan lebih banyak cairan dan nutrisi saat berbuka puasa. Air putih saja tidak cukup, maka perbanyak konsumsi buah berikut di saat sahur dan iftar agar kesegaran tubuh Anda tetap terjaga selama bulan puasa.

1. Semangka

Fresh and sweet! Selain lezat dan rendah kalori, semangka merupakan salah satu buah dengan kandungan air tertinggi, yaitu 92%.

Selain itu, semangka mengandung vitamin C, vitamin A, magnesium, dan antioksidan (termasuk lycopene yang baik untuk kecerahan kulit).

2. Mentimun

Yes, bila Anda belum tahu, mentimun masuk dalam kategori buah karena mengandung biji-bijian! Ternyata, buah ini memiliki kadar air yang lebih tinggi dari semangka (96%), ditambah dengan nutrisi berupa vitamin K, potasium, dan magnesium.

Menurut sebuah riset oleh University of Aberdeen, buah mentimun memiliki volume cairan sebanyak dua kali lipat dibandingkan air putih. Tips: Anda bisa mengupas kulitnya untuk mendapat kadar cairan yang lebih tinggi!

3. Stroberi

Suka buah beri? Kabar baik untuk Anda: stroberi tidak hanya mengandung kadar air sebanyak 92%, tetapi juga kaya akan serat, antioksidan, vitamin C, folat, dan manganese.

Mengkonsumsi stroberi setiap hari juga dapat menurunkan risiko inflamasi, sakit jantung, diabetes, Alzheimer’s, dan kanker, lho.

4. Blewah

Buah yang berasal dari keluarga melon ini merupakan salah satu buah terbaik untuk berbuka puasa! Why? Selain memiliki kadar air sebanyak 90%, buah blewah sangat kaya akan vitamin A – 1 gelas (177 gram) dapat memenuhi 120% kebutuhan tubuh Anda.

Di musim pancaroba ini, Anda memerlukan vitamin A yang dapat meningkatkan imunitas dan menangkal infeksi, maka perbanyak konsumsi blewah untuk menjaga kesehatan dan hidrasi tubuh.

5. Pisang

Siapa sangka bahwa buah yang ideal untuk para pecinta olahraga ini juga cocok untuk Anda yang menjalani puasa? Pisang kaya akan potasium yang dapat membantu menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh dan mencegah dehidrasi.

Meskipun tidak memiliki kadar air sebanyak buah-buah lainnya dalam daftar ini (74%), pisang merupakan salah satu buah yang bisa menjaga perut agar tetap kenyang setelah sahur.

6. Tomat

Seperti mentimun, tomat juga masuk ke dalam kategori buah. Did you know? Satu buah tomat berukuran sedang sudah mengandung sekitar 118ml air.

Selain itu, tomat juga kaya akan vitamin dan mineral, termasuk vitamin A dan C yang baik untuk imunitas tubuh. Bagian terbaiknya adalah, tomat merupakan salah satu sumber antioksidan lycopene terbesar yang tidak hanya bisa menurunkan risiko sakit jantung, tetapi juga melindungi kulit dari pori-pori tersumbat dan jerawat. Double benefits, right?

Selain buah-buahan tersebut, Anda juga bisa mengkonsumsi sayuran yang kaya akan kadar air seperti lobak, selada, bayam, kol, paprika, dan seledri. Selamat menunai ibadah puasa! (Image: doc. freepik.com)

Sumber artikel dari Mother and Baby Indonesia

LEAVE A REPLY