TNI Siagakan Empat KRI Imbas Laporan Nelayan Melihat Kapal China Wara Wiri

88
0
TNI Siagakan Empat KRI Imbas Laporan Nelayan Melihat Kapal China Wara Wiri

Kapal penjaga pantai China diketahui memasuki wilayah perairan Indonesia, kapal tersebut dilaporkan sudah wara wiri di Laut Natuna menghabiskan waktu tiga hari sejak akhir pekan kemarin.

Bahkan dari laporan Badan Keamanan Laut (Bakamla) sejak Jumat Pekan lalu telah mendeteksi sebanyak 5.204 kapal China yang berada di perairan Indonesia. Saat berpatroli Bakamla hanya berjarak satu kilometer dari kapal China tersebut.

Tak hanya itu, nelayan yang melaut di Natuna Utara beberapa kali berpapasan dengan kapal-kapal China itu. Dari laporan Ketua Aliansi Nelayan Natuna, Hendri sebanyak enam kapal China yang berpapasan dengan nelayan. Beberapa nelayan mengambil video saat kapal China melintas salah satu video menunjukkan kapal Kunming-172.

TNI Siagakan Empat KRI Imbas Laporan Nelayan Melihat Kapal China Wara Wiri

Dari laporan nelayan, sebanyak empat Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) disiagakan oleh TNI Angkatan Laut. Menurut Kepala Dinas Penerangan Koarmada I, Letkol Laode Muhammad, disiagakan kapal perang itu bertujuan untuk memberi rasa aman khususnya para nelayan dan masyarakat sekitar.

“TNI AL memang rutin melakukan patroli di perairan Natuna untuk memberikan keamanan bagi para nelayan,” kata Laode dikutip dari CNNIndonesia.com

Sikap tegas ditunjukkan oleh TNI Angkata Laut jika nantinya ada pelanggaran yang terjadi di Natuna Utara. TNI Angkatan Laut akan menegakkan sesuai dengan hukum nasional maupun internasio”Salah satu tugas TNI AL memang menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yurisdiksi sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi,” ujarnya Panglima Koarmada I Laksamana Muda Arsyad Abdullah.

Dari pernyataan resminya China menilai apa yang dilakukan kapak miliknya tidak menyalahi aturan, dan segala kegiatan masih dalam tujuan yang jelas dan relevan.

TNI Siagakan Empat KRI Imbas Laporan Nelayan Melihat Kapal China Wara Wiri

Hingga kini China masih mengklaim bahwa Natuna Utara masih bagian dari Laut China Selatan. Natuna Utara masih dikategorikan bagian dari “Sembilan garis putus-putus LCS.

Hingga saat ini Natuna Utara masih diklaim oleh beberapa negara, hal itu membuat beberapa kapal perang dari negara lain sering melakukan patrol di wilayah itu.

 

Penulis: Raihan Aulia