Fakta Pencarian Eril yang Masih Dilakukan di Sungai Aare Hingga Kini

83
0

Pencarian dari anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau akrab disapa Eril yang hilang Sungai Aare, Bern, Swiss, masih terus dilakukan hingga kini. Bahkan, Ridwan Kamil pun hingga terjun langsung langsung mencari Eril.

Eril dikabarkan menghilang ketika sedang berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada Kamis (26/5) lalu. Anak sulung dari Ridwan Kamil ini terseret oleh arus dan belum ditemukan hingga kini.

KBRI Bern dan kepolisian Swiss sampai saat ini masih melakukan operasi pencarian terhadap Eril. Berikut ini sejumlah fakta mengenai pencarian dari Eril.

Tim Penyelam Diterjunkan

Dubes RI di Swiss, Muliaman Hadad mengungkapkan bahwa tim penyelam diturunkan untuk membantu pencarian Eril. Apabila kondisi air sungai jernih dan tak terlalu dingin, makan tim menyelam akan turun langsung ke dalam sungai.

“Sungai Aare airnya datang dari salju yang meleleh, kadang ada kristal-kristal putih sehingga membuat air menjadi keruh sehingga menyulitkan penyelaman,” kata Dubes RI di Swiss, Muliaman Hadad dalam konferensi pers, Sabtu (28/5).

Pengerahan Drone

Pencarian juga dilakukan di udara dengan mengerahkan drone oleh tim SAR Swiss.

Pada masa darurat 15 menit, tim SAR melakukan pemindaian menggunakan drone dengan sensor yang mendeteksi panas tubuh, pada saat itu suhu air di sungai Aare diperkirakan 16 derajat celcius dengan arus yang cukup kuat,” ucap Dubes RI di Swiss, Muliaman Hadad.

Pencarian di Dua Pintu Air

Pencarian terhadap Eril akan berfokus terhadap area sekitar dua pintu air, yakni Schwellenmaetelli dan Engehalde.

“Rencana pencarian besok akan difokuskan pada area di antara dua pintu air terdekat lokasi terakhir terlihatnya Sdr. Eril, yaitu Schwellenmaetelli dan Engehal,” demikian pernyataan KBRI Bern, Sabtu (28/5).

Baca Juga: Waspadai Penyakit yang Muncul Setelah Covid-19

Ridwan Kamil Turun Langsung

Ridwan Kamil terjun langsung untuk mencari anaknya yang tengah hilang di Sungai Aare. Bahkan, dalam pencarian anaknya ini Ridwan Kamil pun mengajukan perpanjangan cuti selama sepekan.

Ridwan Kamil langsung bertemu dengan Kepala Polisi Maritim Urs Kaser dan Kepala Kepolisian Regional Bern Thomas Mueller untuk melihat langsung laporan hasil pencarian anaknya Eril.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah