1,6 Juta Guru Ikut Uji Kompetensi

95
0

Jakarta (30/07/2012) Sebanyak 1,6 juta guru di Indonesia hari ini mengikuti Uji Kompetensi Guru. Dari Jumlah tersebut 985 ribu 409 peserta mengikuti ujian secara online di 448 kabupaten kota. Sementara, sisanya sekita 20 ribu peserta  akan ikut ujian secara manual atau tertulis. Ditemui saat melakukan peninjauan pelaksanaan Uji Kompetensi Guru di SMP Negeri 19, Jakarta Selatan hari ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh mengatakan uji kompetensi guru dilakukan untuk memetakan kemampuan dengan tujuan peningkatan kualitas guru. Nuh juga menegaskan kalau Uji Kompetensi Guru ini tidak berkaitan dengan diterimanya tunjangan guru atau kesejahteraan guru diberbagai daerah. M Nuh memastikan uji kompetensi dilaksanakan layaknya cek up kesehatan dimana jika Seorang guru yang setelah diuji memiliki kemampuan rendah di bidang matematika maka sekolah berkewajiban memberikan pelatihan atau kursus.

Terkendala IT, Ujian Kompetensi di Kota Bandung Gagal 
I-Listeners, gelombang pertama Ujian Kompetensi Guru dimulai 30 Juli sampai 12 Agustus dan 1-6 Oktober untuk gelombang kedua. Dalam ujian ini disiapkan 186 jenis jumlah soal untuk guru TK-SD guru mata pelajaran SMP, SMA dan SMK. Adapun tempat yang digunakan UKG sebanyak 3658 lokasi dengan jumlah komputer 72.820.

Sementara itu, di Bandung pelaksanaan Uji Kompetensi Guru, dengan menggunakan sistem online gelombang pertama gagal dilaksanakan. Hal ini karena saat ujian dimulai, internet para peserta mengalami gangguan selama 4 jam. Uji Kompetensi Guru ini dilakukan peserta dengan mengunduh kisi-kisi soal di situs kementerian pendidikan dan kebudayaan. Tetapi jaringan internet yang menghubungkan ke situs Kementerian ternyata tidak tersambung. Akibat sistem yang mengalami gangguan ujian ini juga menuai banyak protes dari peserta. Akhirnya, ujian dilakukan tidak dengan sistem online dan semua lembar jawaban gagal dikirim ke situs kementerian secara online. Lembaran jawaban dikumpulkan secara manual ke pengawas ujian  dan akan akan dikirim ke kementerian. (eko/pum)

LEAVE A REPLY