Tren Musik Akustik Menguat

357

“Beberapa tahun terakhir ada kecenderungan kafe ingin hiburan musik akustik,” kata Gideon dalam konferensi pers Kompetisi Akustik Enjoy Jakarta, Senin [16/12].

Gideon juga melihat tren ini semakin menguat dengan lahirnya sejumlah grup musik dengan formasi vokal dan gitar akustik saja. Meski minimalis, menurut dia, formasi seperti ini membutuhkan kemampuan tinggi. Apalagi mereka cenderung bermain tanpa bantuan banyak alat musik. “Vokalnya tidak bisa tanggung-tanggung, harus bagus, apalagi gitarnya,” tukas dia.

Senada diungkapkan vokalis band Drew, Sashi Gandarum. Dara yang biasa disapa Sashi ini mengatakan pertumbuhan band akustik di Indonesia memang makin subur. “Kami sudah main band akustik dari 2007 dan perkembangan band akustik sudah sangat banyak,” kata perempuan berkacamata itu.

Wanita kelahiran Jakarta, 4 Mei 1986 ini pun berharap band-band akustik terus mengembangkan kreativitasnya. Salah satunya dalam memanfaatkan alat musik cajon. Menurutnya belum ada orang yang mengeksplorasi cajon lebih jauh, bahkan ia melihat saat ini belum ada les bermain cajon.

“Dulu hanya ada dua-tiga band saja yang pake cajon,” kata dia. “Semoga ada penerus yang berani menjadikan itu alat musik yang lebih serius jadi akustik tidak diasosiakan sebagai mengamen.”

Vokalis band J-Rocks, Iman mengatakan musik akustik merupakan tantangan. Terutama bagi grup musik beraliran rock seperti mereka. 

Ia mencontohkan Nirvana,  band yang disebutnya biasa bermain “brutal” namun nuansa musiknya seketika berubah saat dimainkan secara akustik. “Nanti kami akan mainkan seperti itu,” kata dia. Iman dan kawan-kawan rencananya bakal meramaikan final Kompetisi Akustik Enjoy Jakarta, Selasa (16/12) di gedung Smesco Jakarta.

Kompetisi Akustik Enjoy Jakarta digelar pada 15–16 Desember 2014. Ajang ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dan diharapkan dapat memancing kreativitas para musisi penganut genre jazz dan rock dalam bentuk akustik. ¬´ [teks @pria_nastar/Antara | foto wearedrew.com]