Terganggu Dengan SMS Spam? Ini Solusinya

13
0
SMS spam

Sering dapat SMS soal pinjaman uang hingga menang undian secara terus menerus? Mungkin Anda salah satunya yang terkena pesan atau SMS spam. Pesan spam ini juga dapat berupa panggilan masuk yang tidak dikenali. SMS atau panggilan spam dapat diindikasikan sebagai modus penipuan yang cukup marak di kalangan masyarakat.

Bentuk SMS spam dapat berupa pesan singkat penawaran jasa atau barang, pesan yang disertai tautan, hingga pesan yang mengumumkan nomor Anda memenangkan undian dan diberi tautan. Seringkali tautan yang diberikan membuat si pengirim SMS spam atau yang bisa diduga sebagai penipu dapat mengakses aplikasi bahkan gawai Anda.

SMS spam

Dilansir idntimes.com, adanya SMS spam kemungkinan besar database Anda dicuri atau dibeli oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Database yang diambil melalui data yang mungkin tanpa disadari I Listeners mengisi formulir dari situs yang tidak jelas atau menerima cookies yang ditawarkan saat Anda membuka website. Seringkali Anda merasa jengkel bila ada beberapa nomor tak dikenal menghubungi atau mengirimkan pesan untuk Anda.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi spam ini salah satunya memblokir nomor dari fitur yang disediakan oleh gawai Anda. Tetapi cara itu tidak membuat Anda terlepas dari SMS spam. Kominfo memberikan layanan pengaduan penyalahgunaan telekomunikasi yang terjadi pada nomor Anda.

SMS spam

Anda hanya perlu membuka https://layanan.kominfo.go.id/microsite/aduan-brti lalu akan diarahkan ke live chat untuk memberikan bukti-bukti spam yang dikirimkan ke Anda. Melalui website ini, sudah terdapat panduan jelas mengenai langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk melaporkan nomor yang mengganggu Anda.

Baca Juga : Banjir Bandang di NTT Telan Puluhan Korban Jiwa

Semoga tidak ada lagi SMS spam yang mengganggu nomor Anda!