Temukan Kandungan Tinggi Dari Krokot, Tiga Siswa SMA Probolinggo Juara EURO Invent Di Romania

44
0
Siswa SMA Probolinggo Juara EURO Invent Di Romania

Tunas-tunas muda Tanah Air kembali mengukir prestasi di ajang Internasional. Kali ini dari tiga siswa SMAN 3 Ponorogo yang mengharumkan nama Indonesia dengan menjadi juara 1 EURO Invent di Romania berkat penelitian terhadap tumbuhan Krokot yang ternyata memiliki kandungan yang hampir mirip dengan salmon.

 Siswa SMA Probolinggo Juara EURO Invent Di Romania

Prestasi membanggakan diukir tiga siswa SMAN 3 Ponorogo, Inneke Maulina (18), Arvin Yoga Elyana (16) dan Alva Sandgrahan Nindar Putra (16) yang mampu mengolah tumbuhan krokot yang biasa tumbuh liar di pekarangan rumah menjadi sebuah cemilan. Mereka berhasil menemukan bahwa krokot memiliki kandungan omega 3 yang baik bagi kecerdasan otak anak.

“Ternyata krokot memiliki kandungan omega 3 tinggi hampir sama dengan salmon,” tutur Inneke kepada detikcom.

Penemuan ketiga siswa SMAN 3 Ponorogo tersebut diikutsertakan dalam EURO Invent di Romania, dengan judul Efektivitas Portulaca Oleracea terhadap peningkatan kecerdasan otak (learning time and retention time). Tidak disangka karya mereka ini menjuarai event Internasional tersebut.

 Siswa SMA Probolinggo Juara EURO Invent Di Romania

Adapun tumbuhan krotok tersebut kemudian diolah oleh ketiga siswa ini menjadi sebuah cemilan, ice cream dan nori. Alasan diolah menjadi ice cream dan nori adalah karena kedua cemilan tersebut adalah cemilan yang paling sering dikonsumsi oleh anak-anak.

“Harapannya produk ini bisa diperbanyak dan dikonsumsi anak-anak karena bahannya murah dan mudah didapat,” ucap Ida.

Baca Juga : Ini 10 Kota Paling Aman Untuk Ditempati Di Tengah Pandemi, Jakarta Masuk?

Tertarik membeli karya anak bangsa dari ice cream dan nori tumbuhan Krokot, I-Listeners?

 

Penulis : Rifqi Fadhillah