Rekomendasi Film Tentang Kemerdekaan Dalam Rangka 17 Agustus-an

42
0
Rekomendasi Film Tentang Kemerdekaan Dalam Rangka 17 Agustus-an

HUT Kemerdekaan RI ke-76 sudah sebentar lagi, I-Listeners! Dalam meningkatkan rasa bangga akan Indonesia, Anda serta keluarga dapat mengisi waktu dengan menonton film yang dibuat untuk mengenang perjuangan para pahlawan untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

Simak 5 rekomendasi film untuk merayakan 17 Agustus.

3 Srikandi (2016)

Rekomendasi Film Tentang Kemerdekaan Dalam Rangka 17 Agustus-an

Film 3 Srikandi terinspirasi dari kisah 3 atlet wanita panahan Indonesia yang mendapatkan medali perak pada Olimpiade Musim Panas 1988 di Seoul yang menjadi pencetak sejarah peraihan medali Olimpiade pertama bagi Indonesia.

Film disutradarai oleh Imam Brotoseno dan pemeran 3 atlet yaitu Bunga Citra Lestari (Nurfitiyana), Chelsea Islan (Lilies), dan Tara Basro (Kusuma).

Darah Garuda (2010)

Rekomendasi Film Tentang Kemerdekaan Dalam Rangka 17 Agustus-anFilm Darah Garuda menjadi bagian kedua dari rangkaian film “Trilogi Merdeka” yang menjadi trilogi film perjuangan pertama di Indonesia. Latar film ini diambil berdasarkan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1947 saat peristiwa Agresi Militer Belanda I ke pemerintahan RI di Jawa Tengah.

Film ini disutradarai oleh Yadi Sugandi dan Connor Allyn. Dibintangi oleh Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, Ario Bayu, Teuku Rifnu Wikana, dan pemeran lainnya.

Kartini (2017)

Rekomendasi Film Tentang Kemerdekaan Dalam Rangka 17 Agustus-anSosok pahlawan yang memperjuangkan emansipasi wanita yang juga diperingati setiap tanggal 21 April (yang juga menjadi hari kelahiran Kartini). Film Kartini menceritakan perjuangan Kartini dari mendirikan sekolah untuk kaum kurang mampu dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi seluruh masyarakat Jepara.

Film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan pemeran dari aktris dan aktor papan atas Indonesia, Dian Sastrowardoyo, Reza Rahardian, Ayushita Nugraha, Acha Septriasa dan lainnya.

Soekarno (2013)

Rekomendasi Film Tentang Kemerdekaan Dalam Rangka 17 Agustus-anFilm ‘Soekarno: Indonesia Merdeka’ menceritakan tentang sosok Presiden Pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Menceritakan mulai dari masa kecil Soekarno hingga menjadi Bapak Proklamator, dan ada juga penampilan Mohammad Hatta yang diperankan oleh Lukman Sardi.

Disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan diproduseri oleh Raam Punjambi. Aktor yang menjadi Soekarno adalah Ario Bayu.

The East (2020)

Rekomendasi Film Tentang Kemerdekaan Dalam Rangka 17 Agustus-an

Film The East menceritakan sudut pandang Belanda saat menjajah Indonesia. Awal dari pergolakan moral dari seorang prajurit muda asal Belanda yang ditugaskan untuk memimpin serangan koloni terhadap Indonesia.

Film ‘The East’ merupakan film kolaborasi antara tiga negara yaitu Indonesia, Belanda dan Belgia.

Aktor dan aktris yang berperan dalam film ini yaitu Denise Aznam, Putri Ayudya, Martin Lakemeier, Marwan Kenzari dan lainnya.

Memang situasi pandemi ini membuat kita tidak bisa menjalankan kegiatan 17 Agustusan seperti sediakala. Maka meluangkan waktu untuk berkumpul dan menonton film bersama keluarga adalah hal yang paling sederhana.

Baca Juga : Ikut Jejak Singapura, Indonesia Akan Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Dari 5 film tersebut manakah yang Anda pilih?

 

Penulis: Aurel Larasati