Putra Bangsa Menjadi Desainer Sepatu Puma

18
0
Desainer Puma asal Indonesia

Ternyata rancangan ulang sepatu snakers ‘Puma Cell Alien OG’ dikerjakan oleh anak bangsa lho! Ia adalah Raka Gemma Maulid yang mengawali kariernya di PUMA HQ Herzogenaurach, Jerman sejak tahun 2016 sebagai Sportstyle Footwear Designer.

Diperagakan rapper dan penyanyi asal Amerika Serikat, YBN Cordae, ‘Puma Cell Alien OG’ dirancang untuk menempuh jarak tempuh yang tinggi dengan gelembung ‘Cell’ yang dikemas melalui tumit untuk bantalan tambahan.

Untuk sepatu yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1998 ini, Raka berdedikasi untuk mendesain ulang sepatu ini untuk menjadikannya serupa dengan desain orisinil tanpa kehilangan nilai modernitas juga dengan penambahan teknologi terbaru yang dimiliki Puma.

“Bekerja di Puma mengubah hidup saya, dalam konteks yang baik,” ujarnya. “Saya mempelajari banyak hal, juga sangat meningkatkan diri saya. Puma memiliki kemampuan untuk melakukan hal-hal yang berbeda dan gila (dengan cara yang baik) yang tidak dimiliki oleh merek lain.”

View this post on Instagram

SS19 Puma Cell Alien OG ~ The Cell alien returns! Another project in the bag, super exciting season for the cell family ~ Launched in the ‘90s, CELL technology was the foundation upon which we built our cushioning know-how. The hexagonal form supported strong movements and helped stabilise each step. The CELL Alien, introduced in ’98, revolutionised CELL tech with its bubble heel delivering soft comfort during long-distance runs. This year, we’re bringing the CELL Alien back in its OG Original form. The mesh upper allows air to circulate, while IMEVA in the midsole offers energy return. A rubber outsole supplies instant grip and traction, and the look is rounded off with PUMA CELL branding on the tongue. ~ Retail Price: 120€ ~ Credits also goes to: PLM : @deathofthediscodancer @valentinerondoni Dev : @oli_whitworth 3D tooling: @rickyhung1304 ~ 📷: @footpatrol_ldn ~ #designworks #footweardesign #puma #wearepuma #pumamarket #osdlive #walkgood #puma #cell #pumacell #cellalien #pumacellalien #itsmycell

A post shared by r a k a g e m m a (@raka_gemma) on

Selain memang menyukai dunia olahraga sejak kecil, Raka juga memiliki hobi menggambar dan mendesain sepatu yang telah ditekuninya sejak SMP.

Dengan latar belakang pendidikan dari Institut Teknologi Bandung dan short course dari Pensole Design Academy Portland, Oregon, Raka yang baru pertama kali berpergian keluar negeri pada saat harus pindah ke Jerman untuk menjadi bagian dari keluarga Puma, merasakan kebebasan dan tanggung jawab kreatif yang ditangani seorang desainer sangat besar saat bekerja di label tersebut.

Raka menitipkan pesan bagi para generasi muda di bulan kebangsaan ini yang ingin mengikuti jejaknya akan nilai ketekunan, bekerja cerdas, selalu berusaha meningkatkan kualitas diri, menantang dan mendorong diri sendiri keluar dari zona nyaman adalah kunci-kuncinya.

“Anak bangsa yang berasal dari Indonesia mungkin memang tidak ada dalam peta sumber daya sebagai desainer sepatu. Kita hanya perlu bekerja sedikti lebih keras untuk mendapatkan perhatian. Last but not least, lebih sedikit bicara dan lebih fokuslah pada pekerjaan,” lanjut Raka dalam pesannya.

Tak hanya merancang koleksi sepatu saja, ia pun melakukan melakukan penelitian pasar untuk model yang sedang tren hingga membuat prototip sepatu. Puma juga akan meluncurkan beberapa karya baru lainnya dari Raka dalam waktu dekat seperti ‘Lqd Cell Omega’ dengan colorway Bridal Rose/Blue Turquoise dan ‘Puma Trailfox Overland’.

Sumber artikel dari Her World Indonesia