Presiden Jokowi Resmi Izinkan Warga Lepas Masker di Ruang Terbuka

18
0

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) baru-baru telah secara resmi mengizinkan masyarakat melepas masker di ruang terbuka. Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi dalam pernyataan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/5).

Pemerintah kini telah mempersiapkan strategi dalam menangani Covid-19 dari pandemi menjadi endemi. Salah satunya adalah dengan memperbolehkan masyarakat dalam melepas masker.

Disampaikan oleh Presiden Jokowi, masyarakat diperbolehkan melepas masker di ruang terbuka yang tidak padat kerumunan. Namun, masker tetap berlaku bagi masyarakat yang beraktifitas di ruangan tertutup dan transportasi publik.

“Pertama pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker,” ujar Jokowi seperti disiarkan langsung via saluran Youtube Sekretariat Presiden.

“Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka boleh untuk tidak menggunakan masker,” kata Jokowi.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, mengatakan bahwa Indonesia bersiap untuk menuju endemi. Hal ini berdasarkan angka kasus aktif, positivity rate, tingkat okupansi rumah sakit, dan angka kematian yang rendah.

“Sekarang sudah ada tanda-tanda bukan tertinggi dari penyakit yang ada,” kata Muhadjir.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah