Presiden Jokowi Perintahkan Vaksinasi Booster Jadi Syarat Masuk Mal

120
0

Pemerintah kian memperketat dalam meningkatkan capaian vaksin dosis ketiga atau vaksin booster. Salah satunya adalah dengan diberlakukannya vaksin booster sebagai syarat perjalanan dan juga masuk mall.

Seiring dengan meningkatnya angka Covid-19 di Tanah Air, Presiden Joko Widodo meminta agar booster diterapkan dalam kegiatan masyarakat, terkhusus digunakan dalam transportasi umum..

“Tentunya dosis ketiga ini akan dipersyaratkan untuk berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak dan juga untuk berbagai perjalanan. Jadi tadi arahan Bapak Presiden, untuk di airport disiapkan untuk vaksinasi dosis ketiga,” kata Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, vaksinasi booster baru mencapai 24,5 persen dari target. Jokowi telah meminta syarat vaksin booster untuk masuk tempat keramaian atau mal, agar dapat mendongkrak angka vaksinasi booster.

“Sama seperti dulu mau divaksinasi orang tua susah sekali, tapi begitu masuk mal mesti divaksinasi, orang tua mau semua. Kenapa? Karena orang tua senang nganter cucunya ke mal,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Kasus Covid-19 sendiri di Indonesia secara nasional meningkat dikarenakan masuknya varian BA4 dan Ba5. Kasus aktif 22 Juni menembus 11,3 ribu atau 98 persen lebih rendah dari puncak kasus varian Omicron.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah