Prasasti, Tempat “Update Status” Jaman Dahulu

7
0

Tidak seperti sekarang yang sudah marak media sosial untuk update status, di jaman dahulu masyarakat memanfaatkan prasasti sebagai penanda tulisan untuk orang-orang di sekitar mereka.

Penanda Tempat Atau Lokasi

prasasti tempat update status

Jaman sekarang mungkin kita mengenal di sosial media terdapat tag tempat untuk mengetahui lokasi dimana kita berada. Hanya perlu menyesuaikan dengan titik dimana kita berada, GPS akan langsung membaca posisi kita saat ini.

Sama halnya seperti jaman dahulu,masyarakat menggunakan prasasti untuk menandakan tempat atau lokasi tertentu. Zaman dulu biasanya batu yang di jadikan tempat untuk menulis prasasti.

Memberi Gambaran Kronologis Peristiwa

prasasti tempat update status

Informasi di jaman sekarang sudah tersebar luas, baik itu di media online maupun di sosial media. Peristiwa dari tempat terjauh pun akan sampai dengan sangat cepat di era media sosial kini.

Namun, berbeda dengan dahulu yang dimana prasasti sebagai sumber terpenting karena mampu memberikan kronologis suatu peristiwa. Meski begitu, prasasti di jaman dahulu sangat dibutuhkan dunia penelitian masa lampau. Selain mengandung unsur penanggalan, prasasti juga mengungkap sejumlah nama dan alasan mengapa terkait peristiwa di masa lalu yang belum terjawab.

Baca Juga : Inilah Fakta Yang Jarang Diketahui Dari Gunung Padang, Bukan Dibuat Alien!

Tahan Lama

prasasti tempat update status

Tidak seperti media sosial sekarang ini yang rentan sekali untuk terhapus, pada zaman prasasti kuno ketahanan tulisan bisa mencapai ribuan tahun. Hal ini dikarenakan prasasti adalah piagam atau dokumen yang ditulis pada bahan yang keras dan tahan lama.

Masyarakat dahulu pun berfikir seribu kali untuk menulis di prasasti. Hal tersebut karena susah untuk menghapus kembali tulisan yang sudah dicetak ke prasasti.