Perang-Perangan di Sumba Barat

355
0
IRADIO TEMPAT PASOLA

Tidak hanya dari bahasa atau pun dari gaya berpakaiannya saja, tetapi ada pula beberapa adat-adat tertentu yang membuat satu daerah berbeda dengan daerah lainnya.

I-Listeners, mungkin sewaktu Anda kecil pernah bermain perang-perangan dengan teman Anda menggunakan tongkat kecil, ataupun pedang-pedangan yang terbuat dari plastik. Kebudayaan yang mau diangkat pada artikel ini pun juga membahas sebuah tradisi permainan perang-perangan yang dilakukan oleh masyarakat beragama Marapu, di Pulau Sumba.

Sebuah atraksi yang disebut dengan ‘Pasola’ ini, berasal dari daerah Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Pada umumnya dilakukan sebagi puncak penyelenggaraan Pesta Adat Nyale, merupakan acara memohon berkat dari para dewa dan arwah nenek moyang agar tahun tersebut mereka dapat mendapatkan hasil panen yang baik. Atraksi ini pun dilakukan dengan pembagian dua kelompok pasukan berkuda dan bersenjatakan lembing atau tongkat kayu, dimana setiap kelompok diharuskan ada 100 orang di dalamnya. Tertarik untuk melihatnya I-Listeners?

Sumber: MediaIndonesia

LEAVE A REPLY