Penantian 31 Tahun Indonesia Puasa Medali Emas Sepakbola Dihancurkan Thailand

44
0

Mimpi Indonesia untuk meraih medali emas SEA Games 2021 dihancurkan oleh Thailand yang mampu mengalahkan skuad Garuda Muda di babak semifinal. Timnas Indonesia U-23 harus kalah 0-1 dalam perpanjangan waktu di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5) WIB.

Skor 0-0 membuat laga Indonesia melawan Thailand berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Pada menit ke-94, pemain Thailand. Weerathep Pompan berhasil mencetak gol yang membuat skor menjadi 1-0 sekaligus memastikan kemenangan Thailand.

Laga sempat diwarnai lima kartu merah yang didapatkan oleh pemain Indonesia dan Thailand. Dua pemain Garuda Muda yakni Firzha Andika, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto. Sedangkan dua pemain Thailand juga terkena kartu merah akibat keributan yang terjadi.

Baca Juga: Pelat Nomor Putih Pada Kendaraan Mulai Diterapkan Juni 2022

Puasa medali emas cabang sepakbola SEA Games pun terus berlanjut. Setelah kekalahan timnas Indonesia U-23 atas Thailand di babak semifinal SEA Games 2021, menjadikan total sudah 31 tahun Indonesia berpuasa medali emas.

Terakhir kali emas didapatkan timnas Indonesia pada SEA Games 1991 di Manila. Kala itu, medali emas berhasil disumbangkan oleh tim Merah Putih ketika berhasil mengalahkan Thailand dengan adu penalti 4-3.

Sejak saat itu, timnas Indonesia sudah tak pernah lagi membawa pulang emas di ajang SEA Games cabang sepakbola. Prestasi terbaik yang bisa diraih sejauh ini hanyalah medali perak.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah