Mulai Rabu besok, Jalur 10 Stasiun Manggarai Ditutup Sementara

37

Ilisteners, Mulai Rabu (23/1/2019), Stasiun Manggarai akan menutup sementara jalur 10 yang biasanya melayani keberangkatan kereta jurusan Jatinegara-Depok/Bogor dan Jakarta Kota Depok/Bogor. Hal itu dilakukan untuk mempercepat proses revitalisasi Stasiun Manggarai serta demi keamanan dan keselamatan para pengguna jasa.

“Aspek keselamatan menjadi prioritas utama sehingga unsur kehati-hatian menjadi concern untuk teman-teman yang ada di lapangan,” kata Kepala Teknik Balai Perkeretaapian wilayah Jakarta dan Banten, Jumadi di stasiun Manggarai, Selasa (22/1).

Nantinya, setelah proses revitalisi selesai, Stasiun Manggarai akan mempunyai tiga lantai yang memisahkan perjalanan KRL lintas Bogor/Depok-Jatinegara/Jakarta Kota, KRL lintas Bekasi-Jakarta Kota, kereta bandara, dan kereta jarak jauh.

“Jadi ada nanti yang di lantai 2 dan di bawah. Khususnya yang dari depok ke arah kota nanti di atas, kemudian yang ke arah Bekasi ada di bawah. Kita ingin kereta api bersilang tidak sebidang sebidang untuk menghemat waktu,” tambah Jumadi.

Selama proses pengerjaan proyek revitalisasi itu, rencananya jalur 10 Stasiun Manggarai akan ditutup selama 45 hari, terhitung mulai tanggal 23 Januari 2019 sampai 10 Maret 2019.

Dengan penutupan jalur 10 tersebut maka para pengguna jasa di Stasiun Manggarai yang akan menuju Depok/Bogor akan dilayani oleh KRL di jalur 8, 5 dan 4.

Sementara itu, Deputi Daop 1 Jakarta, Sofyan menyebut, efek dari ditutupnya jalur 10 di Stasiun Manggarai ini akan berdampak pada keterlambatan kereta api rata-rata 2 menit.

Nanti kereta dari bekasi kita masukan ke jalur 1,2 dan 3. Sementara dari arah bogor kita masukan ke jalur 3,4 dan 5. Dari arah Jakarta Kota ke bekasi kita masukan ke jalur 1,2 dan 4. Kereta yang ke arah Bogor kita masukan ke jalur 3,4 dan 5. Untuk yang dari tanah abang akan ada di jalur 4,5 dan 8,” tambah Sofyan.

(teks timnewsroom | foto antara ]