Mengenal Sosok Raja Muhammad yang Jadi Mahasiswa Termuda UGM 2022

91
0
Raja Muhammad Hayuri Islami

Universitas Gadjah Mada atau UGM sudah resmi membuka Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) per Senin (1/8/2022) di Lapangan Pancasila UGM.

Dalam rangkaian acara PPSMB itu terdapat hal menarik yang berhasil mencuri perhatia publik. Sossok remaja asal Pekanbaru, Provinsi Riau, bernama Raja Muhammad Hayuri Islami diketahui menjadi mahasiswa termuda UGM pada tahun 2022. Dirinya menjadi mhasiswa UGM pada usia 15 tahun 11 bulan 11 hari.

Raja Muhammad Hayuri Islami

Dengan prestasi tersebut, Raja dipanggil ke depan panggung bersama Rektor UGM Prof. dr. Ova Emilia, SP.OG (K), Ph.D., dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru di Lapangan Pancasila UGM. Raja pun akhirnya dinobatkan sebagai mahasiswa termuda UGM tahun ini. Raja  mengaku senang bisa kuliah di UGM.

Kisa Raja menjadi masuk UGM di usia yang terbilang muda karena didaftarkan masuk bangku sekolah dasar pada usia 5 tahun. Kala itu teman-teman sekelasnya banyak yang tidak mengetahui bahwa jika dirinya paling muda. Sebab fisiknya terbilang hampir sama dengan teman-teman dikelasnya.

Raja Muhammad Hayuri Islami

Usia Raja bukan menjadi alasan tidak mampu bersaing dengan rekan sekelasnya. Saat SD dirinya selalu masuk tiga besar, lanjut SMP Raja tidak mendapatkan ranking karena masa pubertas. Hingga akhirnya di SMA Raja kemudian mendaftar program akselerasi di kelas IPS. Mata pelajaran dengan nilai tertinggi Raja ada Sosiologi.

Mahasiswa asal Pekanbaru itu mengaku sudah tertarik dengan filsafat saat berada di kelas sepuluh SMA. Raja mengenal filsafat lewat buku dan internet. Ketertarikannya berbuah hasil ketika keterima di UGM jurusan Filsafat S1. Setelah lulus S1, Raja pun mempunyai cita-cita untuk melanjutkan S2 di jurusan yang sama.

Baca Juga: PIK 2 Akan Hadirkan Destinasi Wisata Pantai Baru

Semoga Indonesia dipenuhi anak bangsa yang berprestasi ya I-Listeners!

 

Penulis: Fadia Syah Putranto