Masih Pandemi, Pemprov DKI Larang Warga Lomba Panjat Pinang di HUT RI

19
0

Jakarta (08/08) Peringatan HUT RI pada 17 Agustus memang identik dengan sejumlah lomba di lingkungan warga. Lomba panjat pinang menjadi salah satu lomba khas yang kerap digelar saat hari ulang tahun kemerdekaan tersebut.

Namun di tengah masa pandemi ini, Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin, meminta warga tak menggelar lomba panjat pinang. Sebab protokol kesehatan pada panjat pinang dinilai sulit diterapkan.

“Kalau itu agak sulit juga ya. Masker susah kita pasang, orang manjat beramai-ramai juga saling bersentuhan. Jadi sebaiknya saran saya tidak ada kegiatan yang berkaitan dengan panjat pinang,” kata Arifin, Sabtu (8/8) seperti dikutip dari Kumparan.

Aturan Kegiatan yang Dibolehkan dan Dilarang saat Pandemi Corona

Arifin mengungkapkan pihaknya sedang menyiapkan ketentuan soal kegiatan lomba apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat HUT RI di Jakarta. Mengingat kondisi pandemi corona yang masih belum usai.

“Tentu kita akan kaji jenis lomba apa saja yang boleh dilakukan, mungkin nanti sebelum pelaksanaan 17-an mungkin ada kebijakan yang kami keluarkan. Tentunya sekali lagi, kalau ada kebijakan yang meniadakan, itu semata-mata dalam rangka memberikan perlindungan dan memutus mata rantai,” jelasnya.

Jika kegiatan dinilai tak berisiko, maka kemungkinan besar akan diizinkan untuk digelar. Namun jika risiko penularannya tinggi, tentu akan dilarang.

“Tetapi kita akan lihat jenis kegiatan apa. Kalau dilihat dari aspek kesehatan dia tidak membahayakan, tidak akan menyebabkan penularan ya boleh-boleh saja. Bisa boleh, bisa tidak, tergantung jenis kegiatannya,” kata dia.

[teks timnewsroom/kumparan |foto yahoo]