Masih Bau Mulut, Coba Tips Ini!

863

Hari ini ada jadwal nge-date bersama si dia? Tentu Anda akan tampil semaksimal mungkin untuk membuat si dia terpukau. Namun, percuma saja bila penampilan yang fabulous dan gorgeous rusak akibat aroma kurang sedap pada mulut Anda.

Hal ini tentu akan menghilangkan rasa kepercayaan diri dan mood Anda, kan? Nah, agar terhidar dari bau mulut, solusinya bukan hanya sikat gigi saja lho. Banyak hal yang bisa Anda lakukan agar mulut selalu fresh dan terhindar dari bau.

Hindari Makanan Pemicu Bau Mulut

Makanan yang Anda makan sangat mempengaruhi terhadap aroma mulut Anda. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang tepat bisa menjadi salah satu pencegahan bau mulut yang efektif. Asupan vitamin C yang berasal dari sayur-sayuran dan buah-buahan juga sangat membantu lho dalam menciptakan kondisi yang tidak ramah untuk bakteri bertumbuh.

Pastikan Agar Mulut Tidak Kering

Anda harus tahu bahwa air liur secara alami merupakan anti-bakteri yang sangat baik. Makanya, mulut yang kering dapat menyebabkan penumpukan plak yang membantu pertumbuhan bakteri sehingga menyebabkan bau mulut.

So, salah satu cara efektif untuk merangsang air liur adalah dengan mengunyah permen karet. Permen karet yang memiliki kandungan xylitol dan mint dapat menjadi pilihan paling tepat untuk membuat nafas Anda tetap fresh. Tapi pastikan memilih permen yang sugar-free, ya!

Jangan lupa juga untuk secara berkala minum air putih. Hal ini penting untuk menghilangkan partikel makanan yang tersisa dalam mulut setelah makan.

Hindari Kafein

Kopi merupakan salah satu penyebab bau mulut. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat mengeringkan mulit dengan memperlambat produksi ait liur. Inilah yang menyebabkan bau mulut terjadi. Bila air liur dalam mulut tidak tercukupi, bakteri akan berkembang biak dengan cepat. Bakteri-akteri inilah yang akan mengambil alih fungsi air liur untuk memcah partikel-partikel sisa makan sehingga menyebabkan aroma tidak sedap pada mulut.

Bersihkan Lidah

Tidak hanya kebersihan gigi dan gusi saja yang perlu dijaga. Lidah juga perlu diberi perhatian ekstra, jika diabaikan justru memicu bakter penyebab bau mulut. Jadi, jangan lupa untuk membersihkan lidah saat sedang sikat gigi. Akan tetapi, berhati-hati untuk tidak menggosoknya terlalu keras supaya tidak terluka.

(Image: Freepik.com)

Sumber Cosmopolitan Indonesia