10 rutinitas sehat sebelum tidur

1036
0

Mulai sepuluh kebiasaan sehat berikut sebelum tidur malam di kasur favorit Anda. Selain membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas, rutinitas ini juga dapat meningkatkan produktivitas keesokan harinya.

1. Mandi air hangat

Para ahli mengatakan bahwa suhu tubuh penting dalam mengatur tidur sehingga mandi air hangat di malam hari sangat dianjurkan. Selain membuat badan Anda lebih rileks, efek air hangat juga membuat tidur lebih nyenyak.

2. Meditasi

Lakukan meditasi beberapa saat sebelum Anda tidur dengan menenangkan pikiran dan teknik meditasi sederhana lewat pernapasan. Meditasi memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan membuat Anda merasa lebih baik keesokan harinya.

3. Meminum air

Minumlah segelas air putih sebelum beranjak ke tempat tidur. Manfaatnya, Anda akan merasa lebih segar dan terhindar dari dehidrasi saat bangun tidur pagi hari.

4. Olahraga ringan

Lakukan gerakan kecil pada kaki, badan, kepala, atau tangan Anda sebelum tidur. Beberapa gerakan stretching juga bisa membantu Anda untuk tidur lelap dan segar di pagi hari.

5. Membaca

Hasil penelitian mengatakan bahwa membaca sebelum tidur dapat menurunkan stres hingga 68%. Bahkan membaca selama enam menit mampu meningkatkan kualitas tidur Anda.

6. Hindari perangkat elektronik

Poin satu ini sudah dapat dipastikan sebagai salah satu penghambat Anda tidur lebih cepat, nyenyak, dan berkualitas.

7. Membuat rencana untuk hari esok

Sebelum tidur, pastikan susunan rencana Anda tertata sedemikian rupa agar tidak pusing di pagi harinya. Hal ini dilakukan guna mengurangi kemungkinan Anda stres dan uring-uringan di pagi hari.

8. Camilan sehat pengantar tidur

Hindari makan berlebihan sebelum tidur dan konsumsilah makanan sehat seperti Greek yogurt atau buah kiwi.

9. Merapikan satu sudut di kamar Anda

Saat bangun tidur, tidak ada yang lebih nyaman daripada melihat keadaan kamar rapi dan bersih. Pekerjaan Anda untuk bersih-bersih di pagi hari berkurang.

10. Berdoa

Selagi Anda memiliki waktu sendiri sebelum tidur, manfaatkanlah waktu untuk mendoakan hal-hal baik untuk diri sendiri dan orang-orang tersayang di sekitar Anda.

[sumber Her World Indonesia | foto mediskus]

Baca juga:
Pantai yang belum terjamah di Bali
Berkembangnya transaksi musik digital dari transaksi fisik
“Ghost in the Shell”, film yang diadaptasi dari manga Jepang

LEAVE A REPLY